Dua masjid kuno yang dibangun pada 600 tahun yang lalu telah ditemukan di Ras Al Khaimah. Para arkeolog mengkonfirmasikan bahwa satu diantara dua masjid tersebut bahkan pernah digunakan untuk shalat pada saat musim panas dan beberapa pada musim dingin. Kedua masjid tersebut memiliki kapasitas untuk menampung sebanyak 250 jamaah, demikian menurut laporan Koran Al Ittihad.

Para arkeolog yang tergabung dalam tim Universitas Oxford di Amerika Serikat, Inggris dan Spanyol, dan juga Universitas Gottingen Jerman telah menemukan dua masjid dia Al Fahleen, di areal Ras al Khaimah.

Peneliti di Departemen Purbakala dan Museum Ras Al khaimah, Chistian Veldha mengatakan, “Penemuan tersebut mengikuti penggalian di bekas-bekas situs sejarah di wilayah Nadod, Julfar, yang berumur sekitar 500 tahun. Penelitian sebelumnya dilakukan setelah mengikuti arahan dari putra mahkota dan Wakil Penguasah Ras Al Khaimah.”

Veldha mengatakan bahwa Julfar pada masanya memperlihatkan perkembangan yang berarti. Hal tersebut kian memperlihatkan bahwa jurang Arab tersebut merupakan pintu masuk utama dari berbagai agama untuk melakukan perdagangan. Penemuan terakhir atas situs purbakala tersebut kian memperjelas gaya hidup warga sekitar pada waktu itu, katanya.(Sumber: Emirates247News/rpblk)