Warga muslim di Rusia menuntut Presiden Dmitry Medvedev pada hari selasa untuk melobi pemerintah Saudi agar menambah quota mereka untuk melaksanakan haji setiap tahunnya.

Mufti Rusia Ismail Berdev yang juga direktur Pusat Koordinasi Muslim di Kaukasus Utara, menyerukan di sela-sela pertemuan antara Presiden Rusia dengan para Mufti Rusia di Nalchik, untuk melobi pemerintah Saudi agar meningkatkan jumlah calon jama’ah haji mereka, dan menyatakan bahwa jumlah orang-orang yang ingin menunaikan haji lebih dari 20 ribu orang dari quota yang diberikan. Dia mengimbau kepada Presiden Medvedev untuk mengusahakan adanya peningkatan jumlah calon jamaah haji dari quota yang ada secara bertahap.

Dalam hal ini, Medvedev berjanji untuk membahas masalah ini dengan para pejabat Saudi di pertemuan pertama dengan mereka, sambil menunjukkan bahwa pemerintah Saudi lah yang membatasi kuota yang diberikan. Dia menambahkan bahwa “antara Moskow dan Riyadh, telah ada dialog terbuka dan kami akan melontarkan masalah ini dengan mereka.”

Menurut perkiraan Dewan mufti di Rusia bahwa terdapat 23 juta muslim yang mewakili 38 etnis hidup di Negara tersebut. Sedangkan daerah yang banyak terdapat kaum muslimin adalah di pusat dan selatan cekungan Volga dan wilayah Ural, kaukaz utara dan Siberia, selain warga muslim di moskow, Petersburg, dan kota-kota besar lainnya.

Ada juga terdapat Dewan mufti di Rusia, yang didirikan pada bulan Juni 1996, yang menyatukan sejumlah departemen agama Muslim dan mengkoordinir kegiatan mereka.(istd/an)