Pada hari Sabtu, tanggal 30 Juli 2011 pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa hari Ahad ini adalah hari yang melengkapi bulan Sya’ban [menjadi 30 hari], dan hari Senin, tanggal 1 Agustus 2011 sebagai permulaan bulan Ramadhan al-Mubarak.

Sebelumnya Mahkamah Agung Arab Saudi telah menyerukan masyarakat untuk berusaha melihat hilal pada Sabtu sore bertepatan dengan tanggal 29 Sya’ban 1432 H/30 Juli 2011 waktu Arab Saudi, dan menyampaikan kepada pihak Mahkamah terdekat manakala hilal Ramadhan berhasil dilihat.

Dan tepatnya hari Ahad sore, tanggal 31 Juli 2011, pihak Mahkamah menegaskan bahwa hilal Ramadhan pada Sabtu sore tidak bisa dilihat. Dengan demikian hari Ahad adalah hari penyempuna bulan Sya’ban 1432 H, dan permulaan Ramadhan jatuh pada hari Senin, tanggal 1 Agustus 2011 karena hilal Ramadhan tidak terlihat di beberapa daerah Arab Saudi.

Dan beberapa Negara di benua Arab telah mengumumkan secara resmi bahwa hari Ahad, adalah hari penyempuna bulan Sya’ban 1432 H, dan awal Ramadan akan jatuh pada hari Senin esok hari.

[Sumber:Berita disadur dari beberapa sumber diantaranya, http://news.arbtoday.net dan http://arabic.upi.com]