NEW DELHI – Smartphone Islami diluncurkan di India. Tak hanya berisi aplikasi Alquran, ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan kompas yang secara permanen menunjuk ke arah Makkah, pusatnya agama Islam.Ponsel dengan merk ENMAC ini memang sengaja dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan umat Islam.

India merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan pengguna seluler tercepat di dunia. Lebih dari 850 juta menggunakan ponsel termasuk petani dan tukang becak.

Jumlah umat muslim di India sekitar 180 juta. Menurut Anuj Kanish, CEO ENMAC mengatakan ketika ada layanan yang menarik disediakan, sangat berpotensi untuk menarik konsumen baru.

“Agama memiliki tempat yang sangat penting dalam masyarakat India. Tujuan kami adalah memberikan perangkat yang bisa melayani kebutuhan komunikasi dan beragama,” ujar dia. Produk ini adalah yang pertama kali ada di India.

Enmac menerjemahkan Quran dari bahasa Arab ke 29 bahasa, termasuk Hadis Nabi Muhammad. Ponsel canggih ini dilengkapi pula dengan tata cara melakukan haji. Khanis mengatakan perusahaannya berfokus pada ‘teknologi agama’ sehingga dalam keadaan sibuk, manusia tetap terhubung dengan Tuhan.(rpblk)