PETUNJUK UMUM

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi dan Rasul paling mulia, kepada keluarga dan segenap sahabatnya. Amma ba’du:

Buku ini adalah panduan tauhid untuk pemula. Di dalamnya dibahas tentang perkara-perkara tauhid yang paling penting secara ringkas dan jelas sesuai dengan tingkat pemula. Ia memuat sejumlah dalil tentang berbagai persoalan tauhid dengan baik dan sistimatis, juga menyinggung beberapa sisi pendidikan dan akhlak dari materi tersebut.

Buku panduan ini bisa diajarkan bagi pemula yang tidak memahami bahasa Arab, sebagaimana bisa pula dimanfaatkan untuk pemula yang bahasa keseharian mereka adalah bahasa Arab.

Berikut ini kami paparkan beberapa petunjuk umum untuk pengajar materi ini:

  • Hendaknya pengajar memperhatikan jiwa pengarahan dan pembinaan tarbawi para murid.

  • Hendaknya materi ini dijadikan sebagai materi yang hidup dan aktif melalui kesan yang ditimbulkan oleh interaksi pengajar terhadapnya serta pengaruhnya kepada para murid, sehingga materi ini menjadi materi yang berpengaruh positif bagi kehidupan mereka.

  • Hendaknya setiap pengajar menyadari betapa berat amanah yang dibebankan di atas pundaknya dalam mendidik generasi muwahhid (yang mengesakan Allah).

  • Hendaknya ia selalu ingat tentang keutamaan pengajar kebaikan kepada manusia secara umum, dan pengajar tauhid -yang ia adalah ilmu yang paling mulia- secara khusus.

  • Hendaknya ia memperhatikan bagaimana membuat mudah pelajaran tauhid ini serta menjadi kecintaan di hati para murid, yaitu melalui mudahnya ungkapan, baik secara tertulis maupun lisan, pemberian contoh-contoh dan kisah-kisah.

  • Hendaknya pengajar menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya dalam hal akhlak dan penampilan.

Mudah-mudahan Allah memberkahi kerja keras dan usaha orang-orang yang mengamalkan Islam, dan menganugerahkan kepada kita niat yang baik dan ittiba’ul haq (mengikuti kebenaran). Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepada keluarga dan segenap sahabatnya.

Pengarang