Yang termasuk jenis kedua (turun hanya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam saja dan tidak turun kepada nabi-nabi sebelum beliau) adalah surat al-Fatihah, ayat Kursi, ayat terakhir surat al-Baqarah. Hal ini sebagaimana hadits-hadits berikut ini:

عن أبي أمامة قال: أربع آيات نزلت من كنز العرش لم ينزل منه شيء غيرهن: آلم ذلك الكتاب، وآية الكرسي، وخاتمة سورة البقرة، والكوثر.

Dari Abi Umamah radhiyallahu ‘anhu berkata:”Empat ayat yang turun yang termasuk prebendaharaan arsy, yang tidak turun darinya sesuatupun selain empat ayat tersebut :Allif laam miim Dzaalika alkitaabu, ayat Kursi, penutup al-Baqarah, dan al-Kautsar.”

أخرج أبو عبيدة عن عليّ قال: آية الكرسي أعطيها نبيكم من كنز تحت العرش، ولم يعطها أحد قبل نبيكم.

Abu Ubaidah rahimahullah meriwayatkan dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu berkata:”Ayat Kursi diberikan (diturunkan) kepada Nabi kalian dari perbendaharaan di bawah Arsy, yang tidak diturunkan kepada seorang pun sebelum Nabi kalian.”

Adapun surat al-Fatihah sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Hakim rahimahullah dari Ma’qil bin Yassar radhiyallahu ‘anhu secara marfu’:

أعطيت فاتحة الكتاب وخواتيم سورة البقرة من تحت العرش.

”Aku diberi (diturunkan kepadaku) al-Fatihah dan penutup surat al-Baqarah dari bawah Arsy.”

Dan Ibnu Rahawaih rahimahullah meriwayatkan di dalam Musnadnya dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya dia ditanya tentang al-Fatihah, maka dia menjawab:

حدثنا نبي الله صلى الله عليه وسلم أنها نزلت من كنز العرش.

“Menceritakan kepada kami Nabiyullah (Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam bahwasanya dia (al-Fatihah) diturunkan dari perbendaharaan Arsy.”

Imam Ahmad rahimahullah dan selainnya meriwayatkan dari hadits ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu secara marfu’:

اقرءوا هاتين الآيتين فإن ربي أعطانيهما من تحت العرش.

”Bacalah oleh kalian dua ayat in (dua ayat terakhir al-Baqarah), karena sesungguhnya Rabku menurunkan keduanya dari bawah Arsy.”

Dan dari hadits Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu:

أعطيت هذه الآيات من آخر سورة البقرة من كنز تحت العرش لم يعطها نبي قبليّ.

”Aku diberikan (diturunkan kepadaku) ayat-ayat ini dari akhir surat al-Baqarah dari perbendaharaan di bawah Arsy, yang tidak diberikan kepada seorang Nabi pun sebelumku.”

Dan masih banyak hadits-hadits yang lain, yang dapat dilihat di kitab al-Itqan karya Imam Suyuthi asy-Syafi’i.rahimahullah
Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma:

أتى النبي صلى الله عليه وسلم ملك فقال: أبشر بنورين قد أوتيتهما لم يؤتهما نبي قبلك: فاتحة الكتاب وخواتيم سورة البقرة.

“Datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seorang Malaikat lalu berkata:”Bergembiralah dengan nurain (dua cahaya), yang engkau diberikan keduanya dan tidak diberikan kepada seorang Nabi pun sebelum engkau :al-Fatihah dan penutup suratal-Baqarah (2 ayat terakhir).”

Imam ath-Thabrani rahimahullah meriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu berkata:

وأخرج الطبراني عن عقبة بن عامر قال: ترددوا في الآيتين من آخر سورة البقرة – آمن الرسول – إلى خاتمتها فإن الله اصطفى بها محمداً.

“Ulang-ulangilah dalam dua ayat terakhir surat al-Baqarah, karena sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengkhususkan Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dengannya.”

Abu ‘Ubaid rahimahullah meriwayatkan dalam kitab Fadhaa’ilnya dari Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

إن محمداً صلى الله عليه وسلم أعطى أربع آيات لم يعطهن موسى، وإن موسى أعطى آية لم يعطها محمد.

“Sesungguhnya Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam diberikan oleh Allah empat ayat yang tidak diberikan kepada Musa ‘alaihissalam dan sesungguhnya Musa ‘alaihissalam diberi ayat yang tidak diberikan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam”. Lalu beliau berkata:

”Ayat-ayat yang diberikan kepada Muhammad adalah:

لله ما في السموات وما في الأرض

Sampai ayat terakhir al-Baqarah, maka itulah tiga ayat dan ayat yang satunya adalah ayat Kursi. Dan ayat yang diturunkan kepada Musa adalah:

اللهم لا تولج الشيطان في قلوبنا وخلصنا منه من أجل أن لك الملكوت والأبد والسلطان والملك والحمد والأرض والسماء والدهر الداهر أبداً أبداً آمين آمين.

Dan Imam al-Baihaqi rahimahullah meriwayatkan dalam Syu’abul Iman dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’anhuma:

السبع الطوال لم يعطهن أحد إلا النبي صلى الله عليه وسلم، وأعطى موسى منها اثنتين.

“ As-Sab’u ath-Thiwaal (tujuh surat yang panjang) yang tidak diturunkan kepada seorang Nabi pun selain Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan diberikan kepada Musa ‘alaihissalam dua (surat) darinya.”

Imam ath-Thabrani meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’anhuma secara marfu’:

أعطيت أمتي شيئاً لم يعطه أحد من الأمم عند المصيبة: إنا لله وإنا إليه راجعون.

”Diberikan kepada umatku sesuatu yang tidak diberikan kepada satu ummat pun sebelum ummatku ketika mereka terkena musibah yaitu ucapan:

إنا لله وإنا إليه راجعون.

”Sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nya lah kami akan kembali.”

Dan yang masuk ke dalam jenis (kategori) yang pertama, yaitu yang turun kepada Nabi kita shallallahu ‘alaihi wasallam dan kepada selain beliau dari kalangan para Nabi:

1. Hadits yang dikeluarkan oleh Imam al-Hakim dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata:”Ketika turun ayat:

سبح اسم ربك الأعلى

”Sucikanlah nama Rabbmu (Tuhan) yang Maha Tinggi.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

كلها في صحف إبراهيم وموسى،

”Semuanya ada pada Shuhuf (kitab suci) Ibrahim dan Musa ‘alaihimassalam.”

Kemudian ketika turun firman Allah:

والنجم إذا هوى – فبلغ – وإبراهيم الذي وفى

”Demi bintang ketika terbenam –dan sampai firman Allah- Dan (shuhuf-shuhuf) Ibrahim yang yang selalu menyempurnakan janji.”(QS. An-Najm ayat 1-37)

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam berkata:”Dan dalam firman-Nya:

أن لا تزر وازرة وزر أخرى – إلى قوله (هذا نذير من النذر الأولى

”(yaitu) Bahwa seseorang tidak akan memikul dosa orang lain –sampai firman-Nya- Ini (Muhammad) salah seorang pemberi peringatan di antara para pemberi peringatan yang terdahulu.” (QS. An-Najm ayat 38-56)

Berkata Sa’id bin Manshur rahimahullah:’Mengabarkan kepada kami Khalid bin ‘Abdullah bin ‘Atha bin as-Saaib dari ‘Ikrimah rahimahullah berkata Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma:’Nabi berkata:

هذه السورة في صحف إبراهيم وموسى.

Surat ini ada dalam shuhuf Ibrahim dan Musa ‘alaihimassalam.”

Dan Imam Ibnu Abi Hatim rahimahullahberkata:

نسخ من صحف إبراهيم وموسى.

”Teks dari shuhuf Ibrahim dan Musa ‘alaihimassalam.”

Dan dia meriwayatkan dari as-Suddi berkata:

إن هذه السورة في صحف إبراهيم وموسى مثل ما نزلت على النبي صلى الله عليه وسلم.

”Sesungguhnya surat-surat yang ada di dalam shuhuf Ibrahim dan Musa ‘alaihimassalam ini seperti yang diturunkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Al-Faryani rahimahullah berkata:”Mengabariku Sufyan dari bapaknya dari ‘Ikrimah rahimahullah:

إن هذا لفي الصحف الأولى

”Sesungguhnya ini terdapat dalam kitab-kitab terdahulu.” (QS.Al-A’laa: 18)

Dia berkata:”Ayat-ayat itu (yang disebutkan di atas).”

Al-Hakim meriwayatkan dari jalan al-Qasim dari Abi Umamah berkata:”Diturunkan kepada Ibrahim ‘alaihissalam dari apa-apa yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam:

التائبون العابدون – إلى قوله (وبشر المؤمنين(

”Dan orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang beribadah –sampai firman-Nya- dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman.”(QS.At-Taubah:112)

Dan firman-Nya:

( قد أفلح المؤمنون ) إلى قوله (فيها خالدون)

”Sungguh telah beruntung orang-orang yang beriman –sampai firman-Nya- di dalamnya mereka kekal.” (QS. Al-Mu’minun: 1-11)

Dan yang ada dalam surat Al-ma’aariij:

الذين هم على صلاتهم دائمون – إلى قوله (قائمون –

”Mereka yang tetap setia mendirikan shalatnya –sampai firman-Nya- yang berpegang teguh dengan kesaksiannya.” (QS. Al-Ma’ariij: 23-33)

Maka tidak ada yang menepati bagian ini kecuali Ibrahim dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam .
Dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain yang bisa dibaca dalam kitab-kitab yang membahas tentang Ulumul Qur’an, seperti al-Itqon karya Imam As-Suyuthi rahimahullah dan kitab-kitab lain. Wallahu A’lam.

(Sumber: Diterjemahkan secara ringkas dari al-Itqon Fii Ulumil Qur’an, karya Imam As-Suyuthi oleh Abu Yusuf Sujono)