V. AL-QUR’AN DAN AL-KALAM

  • 1. Simak Ibnu Taimiyah, Majmu’Fatawa…jld. III hal. 401-402

  • 2. Syarhut-Thahawiyah…hal. 112-127. Juga Majmu’ Fatawa Jld. III, 402.

  • 3. Ibnu Taimiyah, Majmu’ Fatawa….Jld. III hal. 403-404.

  • 4. Sudah mahfum, berdasarkan ijma’ umat Islam.

  • 5. Perhatikan pola tafsir salaf; Tafsirul Qur’anil ‘Adhim, Ibnu Katsir, bagian Muqaddimah, dan Muqaddimah fi Ushulit-Tafsir Ibnu Taimiyah, Fashl: Fi Ahsani Thuruqit-Tafsir:

    • Tafsir Al-Quran dengan Al-Qur’an

    • Tafsir Al-Quran dengan As-Sunnah

    • Tafsir Al-Quran dengan Al-aqwal shahabah

    • dan jika tidak ada, maka para Mufassirin kembali kepada aqwal Tabi’in. Hal. 93-103.

    • Adapun Tafsir Al-Qur’an dengan RA’YU MURNI, maka hukumnya haram.

    Dari Ibnu Abbas, beliau berkata, bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

    مَنْ قَالَ فِي الْقُرْآنِ بِغَيْرِ عِلْمٍ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ.

    “Barang siapa berkata mengenai Al-Qur’an tanpa ilmu, maka persiapkanlah tempat duduknya dari Neraka”. (Hadits ini dikeluarkan oleh At-Thabari).

    Di dalam catatan kaki, hadits ini oleh Syaikh Ahmad Syakir, sanadnya dikatakan shahih. Disamping itu ada Hadits-hadits lain. At-Tirmizi mengatakan: Hadits riwayat Ibnu Abbas di atas, dan Hadits lain: (Hadits ini hasan shahih).

    (Simak, Ibnu Taimiyah Muqaddimah Ushulit-Tafsir-Tahqiq: Dr. Adnan Zarzur, tentang TAFSIRUL QUR’AN BIR-RA’YI, hal. 105 ditambah catatan kakinya.

    Kemudian tentang mentakwilkan Al-Qur’an dengan model takwil Bathiniyah dan semisalnya, hukumnya kafir

    (Perhatikan kembali foot note no. (8).)