Depsos Al-Sofwa, (29/3/12); Alhamdulillah, pembangunan tiga unit sumur bersih yang berlokasi di Desa Saban dan Desa Trisari di Kecamatan Gubug dan Desa Wates Kecamatan Kedung Jati Kabupaten Grobogan telah rampung. Di dua kecamatan ini memang masih masih banyak warga yang tidak memiliki sumur sendiri. Berdasarkan survei secara acak, hampir setiap 100 rumah hanya ada 10-15 rumah yang memiliki WC dan sumur sendiri. Oleh sebab itu ketiga sumur tersebut dibangun di lokasi tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh suatu kelompok warga secara bersama. Tak heran jika segera setelah rampung beberapa warga langsung mengambil air untuk kebutuhan mandi, minum dan mencuci. Selama ini mereka terbiasa memanfaatkan saluran irigasi dan sungai Tuntang untuk mengatasi kebutuhan air.

Tak hanya itu sebagian besar rumah warga di Gubug dan Kedung Jati masih terbuat seluruhnya dari kayu atau semi permanen. Selain keadaan di atas, banyak jalan-jalan di ketiga desa tersebut masih berupa jalan tanah dan berlumpur sehingga menyulitkan mobilitas. Situasi ini membuat wilayah ini kerap dijadikan lahan untuk pendangkalan aqidah yang berkedok kegiatan sosial, seperti di antaranya pembangunan tandon-tandon air, pengobatan gratis, bahkan hingga pembangunan rumah murah.

“Jadi selain kehadiran mubaligh, dibutuhkan pula pendukung dakwah berupa kegiatan-kegiatan sosial sehingga usaha-usaha pendangkalan aqidah dapat ditangkal,” ujar Ust. H. Budiatna, S.Si, yang rutin mendampingi masyarakat di sana dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. (sd)