Termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah beliau tidak memasuki bulan Ramadhan kecuali dengan ru’yah (melihat hilal) secara pasti, sebagaimana sabda beliau shallallahu álaihi wasallam:

« صوموا لرؤيته وأفطروا لؤيته ، فإن غُم عليكم فأقدروا له ثلاثين »،

”Berpuasalah kalian apabila telah melihat hilal (Romadhon) dan berbukalah (’Iedul Fithri) jika telah melihat hilal (Syawwal). Jika kalian terhalangi melihatnya maka sempurnakanlah bilangan bulannya menjadi 30 hari.”

Atau berdasarkan persaksian satu orang saksi, sebagaimana beliau berpuasa dengan persaksian Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, dan berpuasa suatu kali dengan persaksian seorang arab badui.

Apabila pandangan manusia terhalang oleh awan atau mendung pada malam tiga puluh Sya’ban, maka beliau menggenapkan Sya’ban tiga puluh hari lalu beliau berpuasa. Dan beliau tidak pernah berpuasa ketika mendung (pada malam tiga puluh Sya’ban) atau menyuruh berpuasa, bahkan beliau menyuruh untuk menggenapkan Sya’ban tiga puluh hari apabila mendung. Inilah yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan dan inilah yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam perintahkan. Sebagaimana sabda beliau shallallahu álaihi wasallam:

فإن غم عليكم فصوموا ثلاثين يوماً

”Jika kalian terhalangi melihatnya maka sempurnakanlah bilangan bulannya menjadi 30 hari.”

Termasuk petunjuk beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah menyuruh manusia berpuasa dengan persaksian satu orang laki-laki (bersaksi bahwa dia melihat hilal), dan untuk mengakhiri puasa dengan persaksian dua orang laki-laki (yang menyaksikan hilal syawal).

Termasuk petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah menyegerakan berbuka, dan memotivasi umatnya untuk itu. Dan juga beliau bersahur dan memotivasi umatnya untuk bersahur serta mengakhirkan sahur dan menganjurkannya. Sebagaimana sabda beliau shallallahu álaihi wasallam:

– ( لايزال الناس بخير ماعجلوا الفطور ).

”Manusia (kaum muslimin) senantiasa/tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.”

Beliau menganjurkan untuk berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma maka dengan air, dan ini merupakan bentuk kesempurnaan kasih sayang dan ketulusan beliau terhadap umatnya, karena memberikan sesuatu (makanan) yang manis dalam keadaan perut (lambung) kosong lebih mudah untuk dicerna. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Abu Daud:

عن أنس قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلّيَ عَلَى رطَباتٍ فَإنْ لَمْ يَكن رطبات فَتَمِيْرَاتٍ ، فإن لَم يكن تميرات حَسَا حَسَوَاتٍ مِن مَاءٍ . رواه أبو داود والترمذي

Dari Anas, dia berkata:”Sesungguhnya Nabi berbuka puasa dengan beberapa ruthab (kurma segar yang baru dipetik dari pohonnya) sebelum shalat (maghrib), kalau tidak ada ruthab, maka dengan beberapa kurma matang, kalau tidak ada, maka dengan meneguk beberapa tegukan air putih.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka sebelum shalat maghrib, dan buka puasa beliau dengan memakan ruthab (kurma basah) apabila beliau mendapatkannya, dan apabila tidak mendapatkannya beliau berbuka dengan tamr (kurma kering) dan apabila tidak mendapatkannya maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan beberapa teguk air.

Dan telah shahih dari beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda:

إذا أقبل الليل من هاهنا وأدبرالنهار من هاهنا فقد أفطر الصائم

”Apabila malam telah datang dari sana dan siang telah pergi dari sana, maka telah berbukalah seorang yang berpuasa.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melakukan safar (perjalanan) pada bulan Ramadhan, maka kadang beliau berpuasa dan kadang beliau berbuka (tidak berpuasa) dan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan pilihan kepada para Shahabat dengan dua hal (berpuasa atau tidak).

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan para Shahabat untuk berbuka puasa apabila telah dekat dengan musuh mereka, supaya mereka kuat untuk memerangi musuh-musuhnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam safar pada bulan Ramadhan dalam peperangan yang paling besar dan paling mulia, perang Badr dan perang Fathul Mekah.
‘Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata:”Kami berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada bulan Ramadhan dua kali peperangan: perang Badr dan perang Fathul Mekkah dan kami tidak berpuasa pada kedua peperangan itu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah sekalipun melakukan umrah pada bulan Ramadhan, akan tetapi beliau ingin melakukannya pada bulan Ramadhan.
Termasuk petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah bahwa beliau pernah memasuki waktu fajar dalam keadaan junub karena berhubungan dengan istrinya, maka beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mandi setelah terbit fajar, dan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mencium sebagian istri-istrinya dalam keadaan puasa Ramadhan.

Termasuk petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah menggugurkan kewajiban qadha bagi orang yang makan dan minum dalam keadaan lupa, dan sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberinya makan dan minum, dan tidaklah makan dan minum ini disandarkan kepada pelakunya, sehingga batal puasanya karenanya. Sebagaimana sabda beliau:

مَنْ اَكَلَ نَاسِيًا، اَوْ شَرِبَ نَاسِيًا وَهُوَ صَآئِمٌ فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ فَاِنَّمَا اَطْعَمَهُ اللّهُ وَسَقَاهُ .

“Barangsiapa yang makan atau minum dalam keadaan lupa sedangkan dia berpuasa,maka hendaklah dia menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Allahlah yang memberinya makan dan minum.”

Dan yang shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa yang membatalkan puasa seseorang adalah: makan dan minum (dengan sengaja), bekam dan muntah dengan sengaja. Al-Qur’an telah menunjukkan bahwa jima’ (berhubungan suami istri) membatalkan puasa seperti makan dan minum.

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam berkumur-kumur dan istisnyaq (menghirup air kedalam hidung kemudian mengeluarkannya kembali) dalam keadaan beliau berpuasa, dan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam melarang orang yang berpuasa untuk berlebih-lebihan dalam melakukan istinsyaq. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu álaihi wasallam.

وبالغ في الاستنشاق إلا أن تكون صائماً

”Dan bersungguh-sungguhlah (seriuslah) dalam ber-istinsyaq, “kecuali engkau dalam keadaan puasa.

(Sumber:Disarikan dari Zaadul Maád. Diterjemahkan Oleh Abu Yusuf Sujono)