Oleh: Ust. Izzudin Karimi, Lc

Tanya:

Assalamu’alaikum waRahmatullaahi waBarakatuh,

Pak Ustad saya mau menanyakan tentang memebaca sholawat, apakah hal tersebut termasuk ibadah yang utama atau bukan? Saya orang awam dan tidak bisa bahasa Arab apakah shalawat berikut benar? mohon terjemahan bahasa Indonesianya.

Allahumma shallli ‘ala Muhammad ya rabbi shalli ‘alaihi wa sallim Allohamua shalli ‘ala Muhammad ya rabbi ballighul wa asila.

Wassalamu’alaikum warhamatullaahi wabarakatuh,

Hormat Saya :Isma

Jawab:

Wa’alaikumussalam waRahmatullahi waBarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah rasulullaah shallallaahu ‘alaihiwasallam. Amma ba’du.

Shalawat yang diajarkan oleh Rasulullah rasulullaah shallallaahu ‘alaihiwasallam adalah shalawat Ibrahimiyah, “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shallayita ‘ala Ibrahim… dan seterusnya.

Arti ucapan yang Anda tanyakan, “Ya Allah bershalawatlah kepada Muhammad, ya Tuhanku bershalawat dan bersalamlah kepadanya, ya Allah bershalawatlah kepada Muhammad, Tuhanku sampaikanlah dia kepada wasilah.” Dari sisi makna ucapan tersebut tidak salah, karena yang dimaksud dengan wasilah adalah sebuah derajat di surga yang khusus bagi beliau, hal itu sebagaimana tercantum dalam doa ba’da adzan, “Ya Allah Tuhan panggilan yang sempurna dan shalat yang didirikan, berilah Muhammad wasilah dan fadhilah…”

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihiwasallam.