Oleh: Ust. Izzudun Karimi, Lc

Tanya:

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh,

Ustadz Al Sofwah yang saya hormati, saya dua buah pertanyaan. Semoga Ustadz berkenan menjawabnya.

1) Saya pernah membaca dari berbagai sumber bahwa waktu sujud adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Yang ingin saya tanyakan, bolehkah saya berdoa dengan Bahasa Indonesia, misalnya “Ya Allah, berikanlah aku rezki, lancarkanlah kuliahku,..” Saya pernah juga membaca bahwa doa berbahasa Indonesia saat sujud diperbolehkan asalkan dibaca di dalam hati, bukan dilafazkan. Mohon penjelasannya? Ustadz, bagaimana yang sebenarnya.

2) Apa benar bahwa wanita keturunan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallamhanya boleh menikah dengan keturunan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pula? Seperti yang pernah saya pelajari dari seorang Habib.

Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih. Jazakallah.

Wassalamu’alaikum warhamatullaahi wabarakatuh

Hormat Saya : Iqbal

Jawab:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

1- Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Posisi di mana seorang hamba paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika dia sujud, maka perbanyaklah berdoa.” Diriwayatkan oleh Muslim.

Kalau doa cuma dibatin, tidak dilafazhkan maka tidak mengapa, kalau doa dengan al-Qur`an atau hadits maka tidak mengapa. Bagaimana dengan doa berbahasa selain bahasa Arab? Ini yang saya belum tahun.

2- Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak mempunyai keturunan, karena keturunan berasal dari anak laki-laki, sementara anak laki-laki Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam meninggal ketika masih kecil. Kalau keluarga Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mungkin, tetapi tidak ada dalil yang melarang keluarga Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menikah dengan orang luar, larangan itu hanyalah akal-akalan sih habib saja, lagian apa habib itu benar keturunan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam?

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam .