Oleh: Ust. Izzudin Karimi, Lc

Tanya:

Assalamu’alaikum waRahmatullaahi waBarakatuh,

Ustadz, saya pernah mengalami kejadian aneh yang sangat membingungkan. Saat itu saya sedang shalat jum’at di masjid (sekitar 4 tahun yang lalu). Pada rakaat pertama, setelah alfatihah imam membaca surat al baqarah (kalau tidak salah ayat 1-8). Saat imam membaca ayat alif lammiim, tiba-tiba raga saya seolah-olah dibawa oleh seseorang berjubah serba putih ke lokasi pemakaman. disana saya diperlihatkan sesuatu, ada seseorang yang dalam kuburnya yang luas dan terang benderang tetapi dia masih merasa sedih dan merasa tidak bebas. beliau (orang berjubah putih) mengatakan bahwa “lihatlah dia, dia selama hidupnya banyak memiliki amalan yang baik. Tetapi kenapa dia masih sedih? perhatikan sebentar lagi “. kemudian beliau membaca ayat alqur’an dan sesuatu terjadi, orang yang ada dalam kubur tersebut seolah olah bisa melihat keluar seperti orang yang belum meninggal. Dia sangat bahagia seolah-olah menemukan sesuatu
yang amat sangat berharga. Kemudia beliau mengatakan “itulah khasiat ayat alqur’an bagi orang yang sudah meninggal”. Setelah itu saya sudah berada di dalam masjid lagi masih dalam rakaat pertama saat imam membaca ayat terakhir dan kemudian shalat seperti biasa. Sepanjang shalat jum’at itu saya menangis hingga rakaat terakhir. Untuk diketahui kalau kedua orang tua saya sudah meninggal dunia.

Yang ingin saya tanyakan, apa maksud dari kejadian ini ? dan mengapa ini bisa terjadi? sekian, harap mendapat jawaban. terima kasih.

Wassalamu’alaikum warhamatullaahi wabarakatuh

Hormat Saya : Arifin

Jawab:

Wa’alaikumussalam waRahmatullahi waBarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

Saya tidak tahu tentang apa yang terjadi pada Anda, namun saya membaca bahwa Anda sepertinya ingin melakukan sesuatu untuk bapak ibu yang sudah meninggal.

Kalau ini yang Anda ingin maka berdoalah untuk keduanya, bersedekahlah untuk keduanya dan jika mungkin berhaji dan berumrahlah untuk keduanya, semua ini mempunyai dalil-dalil shahih yang menyatakan bahwa ia bermanfaat bagi orang mati jika dilakukan oleh orang hidup.

Adapun membaca al-Qur`an untuk orang mati maka tidak ada dalil shahih secara khusus dalam hal ini dan tidak dilakukan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat, dari sini lebih baik Anda melakukan yang sudah berdalil
shahih. Wallahu a’lam.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam .