Oleh: Ust. Izzudin Karimi, Lc

Tanya:

Assalamu’alaikum waRahmatullaahi waBarakatuh,

Sampai saat ini masih banyak umat islam yang memperingati maulid nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam padahal Rasululah dan para shahabat terdahulu tidak pernah mencontohkannya.Bagaimanakah hukumnya memperingati maulid nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam? apakah ini termasuk ke dalam sebuah bid’ah? Mohon penjelasannya ustadz…jazakallahu khairan.

Wassalamu’alaikum warhamatullaahi wabarakatuh

Hormat Saya : Emil

Jawab:

Wa’alaikumussalam waRahmatullahi waBarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

Benar, karena Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan para shabat tidak melakukannya, jika ia baik tentu mereka sudah mendahului kita semuanya.

Saya bertanya kepada Anda, “Apakah maulid itu baik?” Jika Anda menjawab, “Baik.” Maka saya bertanya, “Apakah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan para sahabat mengetahui?” Kalau Anda menjawab, “Tidak mengetahui.” Maka Anda lebih tahu. Kalau Anda menjawab, “Mengetahui.” Maka saya bertanya, “Lalu mengapa mereka tidak melakukannya? Adakah kebaikan yang diketahui oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan para sahabat lalu mereka tidak melakukannya?”

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam .