Adab-adab Terhadap Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

  1. Taat kepada beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, mengikuti jejak beliau, mengikuti petunjuk beliau, meneladani beliau, dan mengikuti para pengikut beliau.
  2. Mendahulukan kecintaan kepada beliau shallallahu ‘alaihi wasallam daripada selain beliau, menghormati dan mengagungkan beliau.
  3. Senantiasa bershalawat dan mengucapkan salam kepada beliau shallallahu ‘alaihi wasallam ketika mengingat beliau.(1)
  4. Senantiasa waspada agar tidak menyelisihi beliau shallallahu ‘alaihi wasallam dan berbuat maksiat kepada beliau.
  5. Tidak mendahulukan perkataan siapa pun daripada sabda dan pendapat beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, siapa pun dia (dan setinggi apa pun kedudukannya di hadapan manusia).
  6. Mengimani kenabian dan kerasulan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, dan membenarkan beliau dalam setiap apa saja yang beliau kabarkan.
  7. Waspada agar tidak terjatuh kepada sikap berlebihan (ghuluw) di dalamnya dengan (cara) mengangkat beliau shallallahu ‘alaihi wasallam dari kedudukan beliau (yang semestinya) yang telah dianugerahkan Allah Ta’ala.
  8. Tidak menyandangkan -pada beliau- sedikit pun dari predikat karakteristik Allah Ta’ala, seperti bersumpah dengan nama beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, bertawakal kepada beliau, dan berdoa kepada beliau.
  9. Loyal dan cinta kepada orang-orang yang beliau cintai, benci dan anti kepada orang-orang yang beliau musuhi.
  10. Menolong sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, dan membela syariat beliau.
  11. Menghidupkan sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wasallam dan menampakkan syariat beliau, serta menyampaikan dakwah dan melaksanakan wasiat-wasiat beliau.(2)

 

Keterangan:

(1) Makna shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam: Sebagian ulama berkata, “Shalawat dari Allah Ta’ala adalah limpahan rahmat”, tetapi pendapat ini ditolak oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullah dari tiga sisi:

Pertama: Bahwasanya antara rahmat dan shalawat itu terdapat perbedaan; karena Allah Ta’ala telah membedakan di antara keduanya dalam FirmanNya,

أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

“Mereka itulah yang mendapatkan shalawat dan rahmat dari Rabbnya.” (Al-Baqarah: 157).

Kedua: Memohon rahmat adalah disyariatkan bagi setiap Muslim, sedangkan membaca shalawat adalah khusus untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Ketiga: Bahwasanya rahmat Allah Ta’ala adalah umum yang mencakup segala sesuatu, sedangkan shalawatNya adalah untuk hamba-hambaNya yang khusus.

Dan pendapat yang shahih adalah apa yang disebutkan oleh Abu al-Aliyah Rufai’ bin Mihran ar-Riyahi rahimahullah yang diriwayatkan oleh al-Bukhari rahimahullah, dia berkata,

صَلَاةُ اللّٰهِ عَلَى عَبْدِهِ هِيَ ثَنَاؤُهُ عَلَيْهِ فِي الْمَلَأِ الْأَعْلَى

“Shalawat Allah terhadap hambaNya adalah pujianNya terhadapnya di ha-dapan para malaikat yang paling tinggi kedudukannya.”

Tidak boleh bershalawat dan mengucapkan salam secara terus-menerus kecuali kepada para nabi. Sedangkan kepada selain nabi, maka boleh dilakukan kadang-kadang. Sebagaimana al-Bukhari rahimahullah meriwayatkan di dalam ash-Shahih,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَ عَنْ صَدَقَةٍ أُوْتِيَ بِهَا، فَقَالَ: إِنَّهَا مِنْ آلِ أَبِيْ أَوْفَى، فَقَالَ: اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى آلِ أَبِيْ أَوْفَى

“Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya tentang sedekah yang didatangkan (kepada beliau), maka dia (Abdullah bin Abi Aufa) menjawab, ‘Sesungguhnya ia berasal dari keluarga Abu Aufa’. Lalu beliau mengucapkan, ‘Ya Allah, berilah shalawat kepada keluarga Abu Aufa’.”

Maka boleh bershalawat kepada selain para nabi, seperti bershalawat kepada seseorang yang disaksikan kebaikannya, dengan syarat agar hal tersebut tidak dijadikan sebagai kebiasaan untuk orang tersebut.

Melambangkan ungkapan shalawat (صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ “shallallahu ‘alaihi wasallam”) dengan (ص “sh.”) atau (صلعم “SAW”) itu merupakan pengingkaran terhadap Sunnah. Sungguh as-Sakhawi asy-Syafi’i rahimahullah telah menyebutkan di dalam Fath al-Mughits Syarh Alfiyah al-Hadits bahwa orang yang pertama kali menulis (ص) itu dipotong tangannya.

(2) Seorang laki-laki datang kepada Imam Malik rahimahullah, seraya bertanya, “Dari mana saya harus mulai berihram?” Imam Malik menjawab, “Dari miqat yang telah ditetapkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.” Laki-laki itu bertanya lagi, “Bagaimana kalau aku berihram dari tempat yang lebih jauh lagi?” Imam Malik menjawab, “Saya tidak berpendapat itu (maksudnya, tidak boleh).” Laki-laki itu berkata lagi, “Apa yang engkau khawatirkan dari hal tersebut?” Imam Malik menjawab, “Aku khawatir fitnah (menimpamu).” Laki-laki itu bertanya, “Fitnah apa (yang akan terjadi) dalam menambahkan kebaikan?” Imam Malik menjawab, “Sesungguhnya Allah telah berfirman,

فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

‘Hendaklah orang-orang yang menyalahi perintahnya, takut akan ditimpa fitnah atau ditimpa azab yang pedih.’ (An-Nur: 63).

 

Referensi:

Panduan Lengkap dan Praktis Adab & Akhlak Islami Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah, Majid Sa’ud al-Ausyan, Darul Haq, Cetakan  VI, Dzulhijjah 1440 H. (08. 2019 M.)