Oleh: Ust. Izzudin Karimi, Lc

Tanya:

Assalamu’alaikum waRahmatullaahi waBarakaatuh,

Ustadz, saya ingin menanyakan perihal surga dan neraka, sbb :

1. Benarkah pendapat bahwa pada akhirnya setiap muslim yang tidak melakukan dosa
syirik akan masuk syurga ?

2. Benarkah bahwa setiap muslim akan merasakan masuk neraka terlebih dulu.Lama atau tidaknya tergantung dari amal sholehnya selama di dunia ?

3. Benarkah pendapat bahwa neraka atau syurga adalah tempat akhir kita,setelah proses hisab.Jadi tidak ada yang mengalami masuk neraka terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam syurga.

Demikian Ustadz.Mohon penjelasan yang sejelas-jelasnya beserta dalil-dalilnya.Karena saya pernah mendengar dan membaca tentang dua pendapat yang menurut saya berbeda itu.

Atas perhatian dan penjelasannya saya ucapkan Jazakumulloh khairan katsiran.

Wassalamu’alaikum waRahamatullaahi waBarakaatuh,

Hormat Saya : Buang Mujiarto

Jawab:

Wa’alaikumussalam waRahmatullahi waBarakaatuh,

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

1. Benar, karena Allah berfirman, “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezhaliman, mereka itulah orang-orang yang mendapatkan keamanan…” (Al-An’am: 82). Yang dimaksud dengan, “Kezhaliman.” adalah syirik, dan yang dimaksud dengan, “Keamanan.” adalah aman dari siksa neraka di akhirat, itu artinya dia masuk surga.

2. Benar, tetapi hal itu untuk muslim yang bertauhid, dia melakukan dosa-dosa selain syirik, dia tidak bertaubat darinya dan Allah tidak berkenan mengampuninya, bisa juga Allah berkenan mengampuninya, hal ini terserah kepada kehendak Allah maka yang bersangkutan masuk neraka beberapa saat tergantung dosa-dosanya dan setelah itu dia dientas darinya, bisa dengan rahmat Allah atau syafaat para pemberi syafaat atau azabnya
sudah impas dengan dosa-dosanya. “Dan Allah mengampuni selain syirik kepada siapa yang Dia kehendaki.” (An-Nisa`: 48). Artinya bisa saja Allah tidak mengampuni selain syirik jika Dia menghendaki, jika Allah tidak berkenan mengampuni maka yang bersangkutan harus menebusnya di neraka sekali pun nanti akan tetap masuk surga.

3. Benar, surga dan neraka adalah akhir perjalanan manusia. Orang mungkin masuk surga tetapi sebelumnya masuk neraka, seperti pada jawaban no 2, namun tidak ada orang yang telah masuk surga lalu dikembalikan ke neraka.

Wallahu a’lam.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam.