MAKKAH – Sebuah kebakaran besar terjadi di salah satu menara gedung King Abdul Aziz Endowment – rumah menara jam tertinggi di Makkah pada hari Selasa. Kebakaran itu sempat membuat panik jamaah umrah di Masjidilharam yang tengah thawaf dan sai.

Kebakaran mengakibatkan pemadaman listrik di sekitar Masjidil Haram selama lebih dari satu jam, seorang sumber mengatakan kepada Arab News. Tidak ada laporan kematian atau cidera dalam insiden itu.

Petugas pemadam kebakaran bergegas ke lokasi dan warga dievakuasi dari bangunan dengan bantuan anggota masyarakat. Pertahanan Sipil juga memotong sambungan listrik ke menara sebagai bagian dari upaya untuk mencegah menjalarnya api.
Saksi mata mengatakan mereka melihat asap tebal mengepul keluar dari gedung.

Menurut laporan awal, api mulai di ruang generator. Namun listrik kembali menyala setelah api dipadamkan.

Letnan Kolonel Ali Al-Muntashri, juru bicara Pertahanan Sipil, mengatakan pihaknya mengirim tim penyelamat 15 dan 10 tim bantuan pertama ke lokasi kebakaran. Namun tak ditemukan korban luka atau cidera serius lain.

Penyelidikan telah diluncurkan untuk memastikan penyebab kebakaran, katanya. Perusahaan Listrik Saudi juga mengirimkan lima tim untuk mengatasi masalah itu.(rpblk)