JAKARTA – Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan pemerintah akan menggelar sidang isbat pada 31 Juli 2011 untuk menentukan awal puasa bulan Ramadhan 1432 Hijriah. Di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/7), Menteri Suryadharma mengatakan tahun ini terdapat pertanda kuat bahwa awal puasa dimulai secara serempak tanpa perbedaan.

Muhammadiyah sebelumnya telah mengumumkan awal Ramadhan jatuh pada 1 Agustus 2011 sedangkan pemerintah masih menunggu proses rukyat untuk melihat posisi hilal menentukan awal bulan.

Setelah seluruh tim melakukan proses rukyat maka kira-kira pukul 07.00 WIB atau selambatnya pukul 20.00 WIB itu akan dilakukan sidang isbat untuk menetapkan apakah 1 Ramadhan itu pada 1 Agustus atau 2 Agustus. “Itu nanti akan kita tetapkan pada 31 Juli,” tuturnya.

Meski demikian, lanjut dia, terdapat tanda-tanda kuat tidak ada perbedaan awal Ramadhan pada tahun ini. “Mudah-mudahan pada 31 Juli langit cerah sehingga tidak ada perbedaan pendapat di antara tim-tim yang melakukan proses rukyat,” demikian Menag.(rpblk)