PENDAHULUAN[

Allah telah menjadikan kasih sayang yang murni di antara sesama muslim sebagai simpul ikatan kecintaan fillah yang paling kuat, dan yang memadukan antara orang-orang yang berkasih sayang di bawah naungan ‘Arsy-Nya. Islam menguatkan lagi dengan kewajiban menjaga harta, kehormatan dan jiwa seorang muslim agar tidak tertimpa musibah dan tidak terkena keburukan.

Namun, ada sebagian jiwa manusia yang kehausan di tengah perairan yang tawar, mengharapkan sirnanya kebaikan dari orang lain yang dianugerahi nikmat dan rizki oleh Allah, dan memandang mereka dengan rasa dengki, sehingga melahirkan buah yang buruk berupa ghibah (menggunjing), mengadu domba, mengolok-olok dan sebagainya.

Tidak ada suatu masyarakat pun yang terbebas dari polusi jiwa buruk seperti ini.

Inilah risalah keempat dari serial “Bertaubat dari…” yang mengupas tentang dengki, yaitu topik yang dipandang oleh mayoritas orang sebagai suatu problem yang telah menembus barisan kaum muslimin.

Semoga Allah membersihkan hati kita semua dari kedengkian dan menjadikan kita semua sebagai orang-orang yang bersaudara dan saling mencintai.