Pengarahan Umum

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada Rasul kita Muhammad, sang penunjuk jalan (kebenaran) yang terpercaya, juga kepada keluarga dan segenap sahabatnya.

Amma ba’du: Inilah materi pelajaran Tauhid untuk jenjang I’dadi (di Indonesia setingkat SLTP, pen.). Di dalamnya terdapat penjelasan tentang rukun-rukun iman dengan cara yang mudah dan jelas, sesuai dengan tingkat kecerdasan anak pada jenjang ini, di mana mereka akan mempelajari ilmu baru menurut mereka. Di samping itu, buku ini juga memperhatikan sistimatika materi dipandang dari sudut ilmiah, penyajian yang baik disertai pembahasan tentang pengaruh sikap dan pendidikan dari rukun-rukun iman.

Berikut ini beberapa pengarahan umum bagi pengajar materi ini:

  • Hendaknya setiap pengajar memperhatikan sisi dakwah, sehingga senantiasa mengarahkan dan membimbing para siswa pada kebaikan.

  • Hendaknya setiap pengajar mengetahui tentang besarnya amanat yang dibebankan di atas pundaknya dalam mendidik generasi mukmin. Lalu, hendaknya ia selalu ingat keutamaan orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia secara umum, dan keutamaan pengajar Tauhid secara khusus, di mana ia merupakan ilmu yang paling mulia dan utama.

  • Hendaknya ia memperhatikan masalah cara memudahkan materi ini dan membuat senang para siswa terhadapnya, yakni dengan persiapan yang baik, penyampaian yang bagus, pemberian contoh-contoh dan penyampaian kisah-kisah.

  • Hendaknya setiap pengajar menjadi suri teladan yang baik bagi para siswanya, dan hendaknya ia bisa menanamkan perasaan kepada para siswanya bahwa dirinya adalah laksana orang tua bagi mereka.

  • Hendaknya setiap pengajar memperhatikan kondisi para remaja yang memasuki masa puber, di mana mereka akan mengalami krisis dan perubahan pesat, dan hendaknya ia berusaha untuk menjadikan materi ini sebagai obat bagi berbagai hal tersebut.

  • Hendaknya ia menjawab pertanyaan-pertanyaan para siswanya, dan dalam menjawab hendaknya ia berusaha memuaskan, memudahkan pemahaman dan dengan penuh bijaksana.

Kami memohon kepada Allah mudah-mudahan usaha ini bermanfaat, dan semoga Allah memberikan taufik kepada kita semua untuk melakukan kebajikan. Dan hanya dari Allahlah taufik itu. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarga dan segenap sahabatnya.