Tanya :
Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas adanya layanan ini. Saya mau tanya, Apakah ada ketentuan tersendiri atau dalil tentang bulan safar. Soalnya saya seringkali mendengar bulan safar itu bulan yang kurang baik dalam melaksanakan sesuatu, baik itu acara pernikahan, perjalanan, atau acara-acara yang lain. Bahkan lahiran anak di bulan safar itu suka ada acara/ritual khusus untuk anaknya, katanya biar anaknya tidak bandel, atau aneh-aneh. Saya mohon penjelasannya ustadz… Karena kebetulan anak saya lahir di bulan safar tapi saya tidak ikut-ikutan melakukan acara apapun untuk anak. Saya hanya mendoakan agar anak saya selamat dan menjadi anak yang sholeh, sabar, tawakal.
Wassalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarakatuh

Hormat Saya : Elis

Jawab :

Ykh.sdr/i Elis
Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarokaatuh

Keyakinan itu tidak ada dasarnya sama sekali, baik dari al-Qur`an, as-Sunnah maupun amalan ulama-ulama Salaf. Semua bulan itu baik. Bila memang ada keperluan yang harus dilakukan, kapan pun bisa dilakukan. Demikian juga, bila ada yang lahir di bulan safar; tidak ada perintahnya dari agama untuk melakukan ritual/acara-acara khusus agar sang anak yang lahir di bulan tersebut terhindar dari bahaya atau musibah tertentu.

Sebab, masalah kelahiran itu di tangan Allah, siapa pun tidak dapat menentukan kapan seseorang lahir dan kapan meninggal dunia. Itu semua Allah yang Maha Mengetahuinya, dan terserah Allah kapan Dia akan menghidupkan hambaNya ke dunia ini.

Jadi, sikap anda tersebut sudah bagus. Bila anda bisa sampaikan kepada orang lain dengan cara yang baik, tentu akan lebih baik lagi, supaya dapat diluruskan keyakinan yang salah tersebut. Wallahu A’lam

Sebagai tambahan, -terkait masalah lahiran anak-, yang disyari’atkan dalam tuntunan Islam adalah Aqiqoh. Yaitu memotong kambing dan memberi nama yang bagus bagi si anak dihari ke-tujuh sejak kelahiran; memotong 2 ekor kambing kalau anaknya laki-laki, dan 1 ekor kambing kalau anaknya perempuan. Demikian dari kami, semoga bermanfaat.
Wassalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh