Tanya:

Assalamu’alaikum waRahmatullaahi waBarakaatuh,

“Ya Allah aku capek. Kapankah engkau pilihkan jodoh yang terbaik
untukku?

Afwan Ustad, ane pernah berdoa seperti diatas. Berdosakah saya berkeluhkesah demikian? Ane sudah beberapa kali mencoba dekat dengan wanita / akhwat. Dan hasilnya adalah jatuh bangun. Lama-lama terasa capek.

Sebagai latar belakang sedikit.

Usia ane hampir 30 th. Saat ini bekerja di perusahaan keluarga. Dulu pernah aktif di salah satu organisasi dakwah. Namun karena kesibukan antar kota -antar propinsi akhirnya izin hingga sekarang.

Harus bagaimanakah saya? Apakah dengan bekerjanya saya di perusahaan keluarga itu jadi hal yang menunjukkan bahwa saya tidak mandiri?

Masalah kerjaan alhamdulillah bisa mengatasi dan menghadapi. Tapi kalau sudah urusan jodoh, kenapa selalu terasa capek dan letih. Pada awalnya bisa, lalu mulai ada rasa kemudian gagal lagi. Jatuh lagi … Capek ..

Mohon nasihat dan bimbingan dari Ustad …Jazakallahu khairan katsiira.

Wassalamu’alaikum waRahmatullaahi waBarakaatuh,

Hormat Saya : I

Jawab:

Wa’alaikumussalam waRahmatullahi waBarakaatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

Masalah jodoh adalah masalah mudah, mungkin Anda mempersulit diri, barangkali banyak kriteria ideal yang Anda harapkan dan itu tidak Anda temukan pada wanita yang ada, inilah yang membuat Anda selalu merasa gagal. Kerja di perusahaan keluarga tidak terkait dengan kedewasaan, karena kedewasaan merupakan pola pikir. Coba serahkan kepada orang yang Anda percayai, insya Allah gampang.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam.