LANCASHIRE–Sebuah sekolah dasar Katolik di kota Lanchashire, Inggris, mengkonversi diri menjadi sekolah Muslim. Ini merupakan kali pertama sebuah sekolah “pindah keyakinan” di Inggris.

Sejak satu dekade lalu, Sacred Heart RC Primary School, nama sekolah itu, mendidik anak-anak secara Katolik di Blackburn, salah satu sudut di Lanchashire. Dengan 91 siswa pada awal pembukaan, sekolah ini berkembang dan menyurut dengan pesat. Pada awal tahun ini, hanya tiga siswa yang mendaftarkan diri di sekolah ini.

Akibatnya, Keuskupan Salford – yang bertanggung jawab untuk menjalankan sekolah – telah menyimpulkan tidak lagi tepat bagi Gereja Katolik untuk tetap mengoperasikan sekolah ini. Murid sekolah selama ini sebagian besar dari kelompok etnis minoritas. Secara keseluruhan, sekitar 97 siswa sebelumnya adalah Muslim.

Mereka kemudian berkonsultasi dengan masjid lokal, untuk mengambil alih sekolah. Kebetulan, di dekat sekolah itu sudah ada sekolah yang mapan dan sukses, yaitu sekolah menengah Tauheedul Islam Girls. Sekolah ini tercatat memiliki 383 murid. Sekolah ini telah berulang kali tercatat dalam 10 sekolah negeri top non-selektif berdasarkan kinerja ujian akhir tahun.

Tidak dijelaskan bagaimana model kerjasama setelah sekolah itu dikonversi sebagai sekolah Muslim. “Apakah ini berarti menjalankannya sebagai sekolah agama Islam atau dalam kemitraan dengan lembaga lain, itu belum ditentukan,” ujar seorang yang dekat dengan Keuskupan Salford.

Menurut laporan yang disampaikan kepada Blackburn, jika Sacred Heart menjadi sebuah sekolah Islam itu akan “memberikan keragaman meningkat… Dan menawarkan sebuah sekolah iman yang sesuai dengan penduduk kota.” (rpblk)