Kantor Kementerian Urusan Islam, Waqaf, Dakwah dan Penyuluhan di wilayah Tabuk akan membagikan lebih dari 50.000 al-Qur`an kepada para jamaah yang pulang ke negaranya lewat pintu keluar Halat Ammar.

Sebagaimana dilansir kantor berta Saudi, SPA (09/11/2011), pembagian al-Qur`an tersebut merupakan hadiah dari Penjaga Dua Masjid Suci kepada para jamaah yang menunaikan ibadah haji.

Menurut Abdullah bin Abdul Aziz Al Mubarak, direktur jenderal di kantor Kementerian Urusan islam di Tabuk, sebelumnya pada saat kedatangan jamaah, lebih dari 100.000 buku, pamflet dan kaset tentang keislaman dibagikan kepada jamaah di pintu masuk Halat Ammar.

Sementara itu pihak berwenang di Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah mengatakan, sebanyak 1.500 penerbangan telah dijadwalkan untuk mengangkut jamaah pulang ke negaranya masing-masing.

Sekitar 400.000 jamaah diperkirakan akan meninggalkan Madinah dengan pesawat udara, mulai hari Rabu (09/11/2011), kata Abdul Fattah bin Muhammad Ata, direktur teknis di bandara tersebut.

Usai musim haji ini, sekitar 1,2 juta orang diperkirakan akan datang mengunjungi Madinah, begitu menurut laporan koran Okaz. (hdyt)