Khutbah Pertama

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ …

فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Ma’asyiral Muslimin, Jamaah Jum’at Rahimakumullah,

Marilah kita bersama-sama meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Ta’ala, dan mari kita bangun terus aqidah kita di atas landasan ilmu yang benar. Menurut Islam, jalan yang ditapaki manusia itu ada dua, yaitu: Jalan yang lurus dan Jalan yang bengkok. Jalan yang lurus adalah jalan yang sampai kepada Allah, sedangkan jalan yang bengkok adalah jalan yang tidak sampai kepada Allah, melainkan sampai kepada murka Allah. Untuk kita perlu mengenali jalan yang lurus dan jalan yang bengkok ini sebagaimana yang disebutkan Allah dalam surat al-Fatihah: 6-7. Kita kenali jalan yang lurus, supaya kita kenal jalan yang bengkok.

Kita semua bermunajat kepada Allah lebih dari 17 kali setiap hari, memohon kepada Allah,

اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ

“Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.” (QS. al-Fatihah: 6)

Kata hidayah pada ayat ini bermakna “Bimbingan dan Taufiq”. Juga terkandung makna “Berikanlah ilham kepada kami” , atau “Berikan rizki kami” , atau “Berilah anugerah kami” .

Sedangkan ash-Shirathu al-Mustaqim menurut Imam Abu Ja’far ibnu Jarir: para ahli tafsir tentang telah sepakat bahwa ash-Shirathu al-Mustaqim adalah jalan yang terang dan lurus yang tidak bengkok-bengkok di dalamnya.

Kemudian terjadi perbedaan ungkapan dari para ahli tafsir tentang hal ini, antara lain:

  • Bermakna Kitabullah, sebagaimana hadits riwayat dari Ibnu Abi Hatim.

  • Bermakna al-Islam, sebagaimana riwayat adh-Dhahhak, Maemun bin Mahron dari Ibnu Abbas.

  • Bermakna al-Hak (kebenaran), demikian kata mujahid.

  • Abu al-Aliyah berkata, “Bahwa ash-Shirathu al-Mustaqim adalah Rasulullah dan dua orang sahabat sesudahnya. Maka Ashim menceritakan hal itu kepada al-Hasan al-Bashri, maka al-Hasan al-Bashri berkata, “Abu al-Aliyah telah berkata benar dan memberi nasehat.”

Artinya, “Jalan lurus” itu mengikuti jalan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan jalan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Jadi ungkapan Abu al-Aliyah ini bermakna lebih khusus.

Tetapi perbedaan ungkapan tersebut pada prinsipnya kembali kepada satu makna, yaitu, mengikuti Allah dan RasulNya demikian penjelasan Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya. Dan hal ini sesuai dengan penjelasan pada ayat berikutnya:

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

“(Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (QS. al-Fatihah: 7)

Inilah adalah tafsir dari ayat “Shiratha al-Mustaqim” .

Jadi ada 3 jalan di sini: satu jalan lurus, dan dua model jalan bengkok.

Ma’syiral Muslimin Rahimakumullah,
Kemudian, siapa orang yang diberi nikmat itu?!

Allah sendiri yang menjelaskan bahwa orang-orang yang diberi nikmat itu adalah orang-orang yang tersebut dalam surat an-Nisa’ 69-70:

وَمَن يُطِعِ اللّهَ وَالرَّسُولَ فَأُوْلَـئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللّهُ عَلَيْهِم مِّنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاء وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَـئِكَ رَفِيقاً

“Dan barangsiapa yang menta’ati Allah dan Rasul(-Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan Allah cukup mengetahui. (QS. an-Nisa’: 69-70)

Jadi, orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah Ta’ala, dengan meniti jalan yang lurus adalah:

  • Para Nabi: orang-orang yang dipilih Allah dengan diberinya wahyu kepada mereka.

  • Para Shiddiqin: Orang-orang yang amat teguh kepercayaannya kepada kebenaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Yang secara khusus ayat ini berkenaan dengan Abu Bakar ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu karena dia adalah ash-Shiddiq al-Akbar.

  • Para Syuhada, yaitu orang yang mati dalam menegakkan agama Allah. Yang secara khusus ayat ini ditujukan kepada Umar, Utsman dan Ali Radhiyallahu ‘anhum, karena mereka adalah para Syuhada’.

  • Para shalihin: orang-orang yang shaleh, yaitu orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an dan Sunnah. Mereka adalah para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dan para pengikut setianya sampai hari kiamat.

Mereka itulah di atas shiratu al-Mustaqim, jalan yang lurus, yang mendapat nikmat Allah, teman yang sebaik-baiknya.

Mengikuti selain mereka berarti mengikuti jalan yang bengkok atau sesat.

Ma’syiral Muslimin Rahimakumullah,
Allah Ta’ala berfirman:

غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

“Bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (QS. al-Fatihah: 7)

Maksudnya: Bukan jalan orang-orang yang mendapat murka, yang kehendak mereka telah rusak, sehingga meskipun mereka mengetahui kebenaran, namun menyimpang darinya. Dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat, yaitu orang-orang yang tidak memiliki ilmu, sehingga mereka berada dalam kesesatan, serta tidak mendapatkan jalan menuju kebenaran.

Pembicaraan di sini dipertegas dengan kata “Bukan”, guna menunjukkan bahwa di sana terdapat dua model jalan yang rusak, yaitu model rusaknya para ulama (ilmuwan, pemikir) yang diwakili oleh orang-orang Yahudi dan model rusaknya para ubbad (ahli ibadah) dan zuhhad (ahli zuhud) yang awam yang diwakili oleh orang-orang Nashrani. Juga untuk membedakan antara kedua jalan itu, agar setiap orang menjauhkan diri darinya.

Jalan orang-orang yang beriman itu mencakup pengatahuan akan kebenaran serta pengamalannya, sementara orang-orang Yahudi tidak memiliki, sedangkan orang-orang Nashrani tidak memiliki ilmu (agama). Oleh karena itu, kemurkaan bagi orang-orang Yahudi, sedangkan kesesatan bagi orang-orang Nashrani. Karena orang-orang yang berilmu tetapi tidak mengamalkannya, itu berhak mendapat kemurkaan, berbeda dengan orang yang tidak memiliki ilmu.

Jadi orang yang dimurkai adalah orang yang tahu kebenaran tetapi menyimpang. Sedangkan orang yang sesat adalah orang yang beramal tetapi tidak berilmu.

Secara khusus orang yang dimurkai adalah Yahudi. Dan orang yang sesat adalah Nashrani.

Demikian pendapat para ahli tafsir, sebagaimana yang dinukil oleh al-Hafizh Ibnu Katsir.

Memang orang-orang Yahudi dan Nasrani adalah sesat dan mendapat murka. Tetapi sifat Yahudi yang paling khusus adalah mendapat kemurkaan sebagaimana firman Allah Ta’ala tentang diri mereka:

مَن لَّعَنَهُ اللّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ

yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, diantara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi (dan orang yang) menyembah Taghut”. (QS. al-Maidah: 77)

Sedangkan sifat orang Nasrani yang paling khusus adalah kesesatan, sebagaimana firman Allah Ta’ala mengenai ikhwal mereka:

قَدْ ضَلُّواْ مِن قَبْلُ وَأَضَلُّواْ كَثِيراً وَضَلُّواْ عَن سَوَاء السَّبِيلِ

“orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus”. (QS. al-Maidah: 77)

“Kemudian masalah ini banyak disebutkan dalam hadits dan atsar, yang intinya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyatakan bahwa (غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ)adalah Yahudi dan (الضَّالِّين) adalah Nasrani. (lihat Tafsir Ibnu Katsir, Juz 1, hal. 28)

Sehingga makna dan tafsir dari ayat tersebut adalah: “Tunjukkilah kami jalan yang lurus. Yaitu jalannya orang-orang yang telah Engkau beri nikmat atas mereka(yaitu jalannya para Nabi, shiddiqin, syuhada, dan sholihin), bukan jalan orang-orang yang dimurkai (yaitu orang-orang Yahudi beserta orang-orang yang sepaham dengannya) dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat (yaitu orang-orang Nasrani dan orang-orang yang sepaham dengan mereka).”

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,
Dari ayat ini jelas, tidak ada pluralisme agama (menganggap semua agama benar) dalam Islam. Yang ada adalah jalan yang lurus (yang benar dan diridhai Allah), dan jalan yang bengkok (jalan yang salah, yang dimurkai Allah). Maka dengan demikian, batallah paham liberal (JIL dan lain-lain yang sepaham dengannya) yang menyatakan dan membela mati-matia bahwa semua agama benar, semua agama bisa masuk surga kata mereka, kecuali orang-orang yang mereka sebut eksklusif, fundamentalis dan ekstrimis.

Dalilnya sudah jelas dan tegas. Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah adalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)

وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً

“Dan telah kuridhai Islam itu menjadi agama bagimu.” (QS. Ali Imran: 85)

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلاَمِ دِيناً فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Ali Imron: 85)

Baginda Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

وَالَّذِى نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لاَ يَسْمَعُ بِى أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الأُمَّةِ يَهُودِىٌّ وَلاَ نَصْرَانِىٌّ ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِى أُرْسِلْتُ بِهِ إِلاَّ كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ

“Demi Allah yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya! Tidak seorangpun mendengar tentang aku dari umat (manusia) ini, seorang Yahudi ataupun Nasrani, kemudian meninggal dunia dan tidak beriman kepada apa yang aku diutus karenanya, kecuali ia termasuk para penduduk neraka.” (HR. Muslim)

Kita memohon kepada Allah Ta’ala agar diteguhkan iman kita di atas ash-Shiratul Mustaqim, amin Ya Rabbal ‘alamin.

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذا أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ

Khutbah yang kedua

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَلِيُّ الصَّالِحِينَ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا خَاتَمُ الأَنْْْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِينَ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ., أَمَّابعد,

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.
رَبّنَا لاَتُؤَاخِذْ نَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلََى اّلذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا رَبّنَا وَلاَ تًحَمّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ.
رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. والحمد لله رب العالمين.

Sumber Rujukan:
1. Tafsir Ibnu Katsir, Juz 1.
2. Kitab Tauhid 2, Tim Ahli Tauhid, Darul Haq, Jakarta, 1419 H.

(Dikutip dari Qiblati, edisi 09, Tahun III, 06-2008/ 05-1429)