MUQADDIMAH

Sesungguhnya segenap pujian hanyalah bagi Allah, kami puji Dia, kami mohonkan pertolongan, ampunan serta taubat kepada-Nya. Kami berlindung diri kepada Allah dari keburukan diri kami dan dari kejelekan amal perbuatan kami.

Siapa yang ditunjuki Allah, niscaya tidak akan ada yang dapat menyesatkannya, dan siapa yang disesatkan Allah, pasti tiada yang bisa memberi petunjuk padanya.

Aku bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak disembah melainkan Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya.

Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.

Wa ba’du:

Inilah secara ringkas, landasan Ahlus Sunnah wal Jama’ah dalam masalah aqidah yang penulis serta penyebarannya telah dapat terlaksana, dalam rangka memenuhi kebutuhan banyak pembaca -baik dari kalangan pelajar maupun orang awam- untuk mengungkap betapa pentingnya landasan aqidah salaf beserta kaidah-kaidahnya, melalui ungkapan serta gaya bahasa yang ringkas, jelas dan sedapat mungkin berpegang pada istilah-istilah syar’i yang ma’tsur dari para imam.

Oleh sebab itulah, maka pembahasan di sini tidak mencakup rincian, definisi-definisi, dalil-dalil, nama-nama orang, sumber-sumber penukilan dan catatan-catatan kaki yang semestinya hal itu sangat penting.

Sebenarnya keinginan untuk merealisasikan maksud tersebut dalam sebuah buku kecil yang praktis ini ada, namun amatlah sulit untuk dapat diwujudkan.

Semoga saja buku ini menjadi butir-butir (ilmu) yang bisa melengkapi kekurangan bagi kalangan tingkat dasar yang sedang mengkhususkan diri dan Insya Allah menjadi pendorong semangat untuk mencari kelengkapannya.

Demikianlah, akhirnya buku ini telah diperiksa dan disepakati oleh:

  • Yang mulia Syaikh Abdur Rahman bin Nashir Al-Barrak.

  • Dr. Hamzah bin Husein Al-Fi’r. dan

  • Dr. Safar bin Abdir Rahman Al-Hawali.

Terimakasih kami ucapkan kepada beliau-beliau yang telah berpartisipasi mengadakan perbaikan dengan memberikan -beberapa tambahan dan catatan-Jazahumullahu Khaira-.

Aku bermohon semoga Allah Ta’ala menjadikan amal kita benar-benar ikhlas karena mengharapkan wajah-Nya yang Mulia. Semoga shalawat Allah, salam serta berkahNya berlimpah kepada sang utusan pembawa rahmat bagi seru sekalian alam-Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarganya, sabatnya, dan siapa-siapa saja yang mengikuti jejak mereka dengan kebaikan sampai hari Kiamat.

Penulis,

Dr. Nashir bin Abdul Karim Al-‘Aql

3/9/1411 H.