KITAB SUMPAH

1. Bersumpah hanya dibolehkan dengan nama Allah atau sifat-Nya.

2. Diharamkan untuk bersumpah dengan selain itu.

3. Seorang yang bersumpah dan berkata, “Insya Allah, maka dia telah melakukan pengecualian dan dia tidak boleh membatalkannya.”

4. Seorang yang bersumpah dengan sesuatu, kemudian melihat yang lainnya lebih baik dari yang disumpahi, maka:
A. Hendaknya mengambil yang lebih baik tersebut.
B. Menebus sumpahnya.

5. Seorang yang dipaksa untuk bersumpah, maka dia tidak terikat dengannya dan tidak berdosa apabila melanggarnya (membatalkannya).

6. Sumpah palsu (yamin ghamus) adalah sumpah yang telah diketahui oleh pelakunya sebagai sebuah kedustaan.

7. Tidak berdosa (tidak ada konsekwensi hukum karena) sumpah laghaw. Maksud sumpah yang laghaw seperti yang terjadi pada lisan sebagian orang perkataan: Tidak, wallahi (demi Allah), ya, wallahi, namun hatinya tidak bermaksud sumpah. Contoh yang lain seorang yang bersumpah atas sesuatu yang dia menyangka dirinya benar ternyata sebaliknya, seperti seorang berkata, “Wallahi, Fulan telah datang, dia menyangka dirinya benar, ternyata yang terjadi sebaliknya.

8. Di antara hak seorang muslim atas muslim yang lain adalah menjalankan sumpahnya.

9. Kafarah sumpah adalah seperti yang disebutkan oleh Allah Subhanahu waTa’ala alam firman-Nya, Maksudnya firman Allah Subhanahu waTa’ala “Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, Maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi Pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya). (QS. Al-Maidah: 89)