Oleh: Ust Izzudin Karimi, Lc

Tanya:

Assalamu’alaikum waRahmatullaahi waBarakatuh,

Saya seorang mekanik sepeda motor. Ketika saya mengecat sepeda motor atau merekatkan bodi motor dengan lem alteco/ sejenisnya ada sebagian cat dan lem tersebut mengenai tangan saya. Disaat adzan berkumandang saya segera membersihkan cat/ lem tersebut secepat dan sebersih mungkin kemudian saya berwudhu. Kemudian saya melaksanakan sholat. Setelah saya selesai melakukan sholat ternyata saya melihat ada sebagian kecil lem/ cat yang masih menempel di telapak tangan. Apakah wudhu yang saya lakukan itu sah?

Mohon disertakan hadits yang paling tepat dan terperinci (ada keterangan sanad) mengenai masalah saya tersebut. Mohon segera dibahas karena saya sedang diliputi keragu-raguan.

Wassalamu’alaikum warhamatullaahi wabarakatuh

Hormat Saya : Arifin

Jawab:

Wa’alaikumussalam waRahmatullahi waBarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

[Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Celaka tumit-tumit itu, ia akan dijilat oleh api neraka.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru.

Mengapa tumit-tumit itu? Karena tidak tersentuh air saat berwudhu. Nabi saw pernah melihat seorang laki-laki berwudhu dan dia meninggalkan sebagian wilayah di kakinya seluas kuku tidak tersentuh air, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kembalilah dan perbaiki wudhumu.” Diriwayatkan oleh Muslim dari Umar bin al-Khatthab.

Dua hadits ini mewajibkan meratakan air ke seluruh anggota wudhu dan jika ada yang belum tersentuh air maka wudhunya kurang dan tidak sah.

Dalam kasus Anda, cat atau lem termasuk yang menghalangi air untuk menyentuh anggota wudhu yang tertutupi olehnya, namun karena Anda sudah berusaha maksimal dan sebatas kemampuan maka apa yang terjadi setelah itu saya berharap dimaafkan, karena “La yukallifu nafsan illa wus’aha.” Allah tidak membebani suatu jiwa kecuali sebatas kemampuannya, dan kemampuan Anda hanyalah membersihkan semaksimal mungkin dan itu sudah Anda lakukan. Wallau a’lam.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam .