Kami meriwayatkan dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu,

أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه و سلم لَقِيَهُ وَهُوَ جُنُبٌ، فَانْسَلَّ، فَذَهَبَ، فَاغْتَسَلَ، فَتَفَقَّدَهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه و سلم، فَلَمَّا جَاءَ، قَالَ: أَيْنَ كُنْتَ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ؟ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، لَقِيْتَنِيْ وَأَنَا جُنُبٌ، فَكَرِهْتُ أَنْ أُجَالِسَكَ حَتَّى أَغْتَسِلَ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم سُبْحَانَ اللهِ، إِنَّ الْمُؤْمِنَ لاَ يَنْجُسُ.

“Bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menemuinya, sedangkan dia berada dalam keadaan junub, lalu dia mengendap pergi lalu mandi. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mencarinya. Ketika dia mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau bersabda, ‘Dimana kamu wahai Abu Hurairah?’ Dia menjawab, ‘Wahai Rasulullah, anda telah bertemu denganku, sedangkan saya dalam keadaan junub, maka saya tidak suka untuk duduk bersamamu sampai saya mandi (terlebih dahulu),’ maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Subhanallah (Mahasuci Allah), sesungguhnya seorang Mukmin tidak najis’.”

Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Kitab al-Ghusl, Bab ‘Irq al-Junub, 1/390, no. 283; dan Muslim, Kitab al-Haidh, Bab ad-Dalil ala Anna al-Muslim La Yanjus, 1/282, no. 371.

Dan kami meriwayatkan dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Aisyah radiyallahu ‘anha,

أَنَّ امْرَأَةً سَأَلَتِ النَّبِيَّ صلى الله عليه و سلم عَنْ غُسْلِهَا مِنَ الْحَيْضِ، فَأَمَرَهَا كَيْفَ تَغْتَسِلُ، قَالَ: خُذِيْ فِرْصَةً مِنْ مِسْكٍ فَتَطَهَّرِي بِهَا. قَالَتْ :كَيْفَ أَتَطَهَّرُ بِهَا؟ قَالَ: تَطَهَّرِيْ بِهَا. قَالَتْ: كَيْفَ؟ قَالَ: سُبْحَانَ اللهِ، تَطَهَّرِيْ، فَاجْتَبَذْتُهَا إِلَيَّ، فَقُلْتُ: تَتَبَّعِي أَثَرَ الدَّمِ.

“Bahwasanya seorang wanita bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tentang mandinya yang disebabkan haid, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan praktek bagaimana dia mandi seraya bersabda, ‘Ambillah sekapas minyak kasturi, lalu bersucilah dengannya,’ dia bertanya, ‘Bagaimana saya bersuci dengannya?’ Beliau menjawab, ‘Bersucilah dengannya,’ dia bertanya, ‘Bagaimana?’ Beliau menjawab, ‘Subhanallah, bersucilah!’ Maka saya menariknya dengan kuat lalu saya berkata, ‘Bersihkanlah bekas darahnya’.”

Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Kitab al-Haidh, Bab Dalku al-Mar’ah Nafsaha Idza Tathahharat, 1/414, no. 314; dan Muslim, Kitab al-Haidh, Bab Istihbab Isti’mal Firshatan Min Misk, 1/260, no. 332.

Saya berkata, “Ini adalah salah satu riwayat al-Bukhari dan sisanya merupakan riwayat Muslim dengan maknanya.

“الْفِرْصَةُ” bermakna sepotong (dari kapas atau kain) dan “الْمِسْكُ” bermakna minyak wangi kasturi, yang dikenal luas. Menurut pendapat lain dikatakan, “الْمَسْكُ” yang bermakna kulit, dan terdapat pendapat-pendapat lain yang banyak, sedangkan yang terpilih bahwa maknanya adalah bahwasanya perempuan mengambil sedikit dari misk, kemudian meneteskannya pada kapas atau wol atau kain dan semisalnya, lalu meletakkannya pada kemaluan untuk mewangikan tempat (darah keluar) dan menghilangkan bau yang tidak sedap. Dalam suatu riwayat dikatakan bahwa yang dituntut dalam hal tersebut adalah mempercepat terbentuknya gumpalan darah yang akan menjadi anak. Dan hal tersebut adalah pendapat dhaif. Wallahu a’lam.

Kami meriwayatkan dalam Shahih Muslim, ( Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Kitab ash-Shulh, Bab ash-Shulh fi ad-Diyah, 5/306, no. 2703; dan Muslim, Kitab al-Qasamah, Bab Itsbat al-Qishash, 3/1302, no. 1675.) dari Anas radiyallahu ‘anhu,

أَنَّ أُخْتَ الرُّبَيِّعِ أُمَّ حَارِثَةَ جَرَحَتْ إِنْسَانًا، فَاخْتَصَمُوْا إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه و سلم، فَقَالَ: اَلْقِصَاصَ الْقِصَاصَ. فَقَالَتْ أُمُّ الرُّبَيِّعِ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَتَقْتَصُّ مِنْ فُلاَنَةَ؟ وَاللهِ، لاَ يُقْتَصُّ مِنْهَا، فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه و سلم: سُبْحَانَ اللهِ يَا أُمَّ الرُّبَيِّعِ، الْقِصَاصُ كِتَابُ اللهِ.

“Bahwa saudara perempuan ar-Rubayyi’, Ummu Haritsah, melukai seseorang, maka mereka mengadukan perselisihan tersebut kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu beliau bersabda, ‘Qishash, qishash.’ Ummu ar-Rubayyi’ berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah dia akan diqishash disebabkan fulanah? Demi Allah, dia tidak layak diqishash disebabkan oleh fulanah.’ Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Subhanallah, wahai Ummu ar-Rubayyi’, qishash adalah (hukum) Kitab Allah’.”

Saya berkata, Asal hadits ini terdapat dalam ash-Shahihain, akan tetapi hadits yang disebutkan ini adalah lafazh Muslim, dan hal tersebut merupakan tujuan kami di sini.

Kami meriwayatkan dalam Shahih Muslim, (Kitab an-Nadzr, Bab La Wafa`a Li Nadzrin fi Ma’shiyah, 3/1262, no. 1641.) dari Imran bin al-Hushain radiyallahu ‘anhu, dalam haditsnya yang panjang dalam kisah seorang perempuan yang ditawan,

فَانْفَلَتَتْ، وَرَكِبَتْ نَاقَةَ النَّبِيِّ صلى الله عليه و سلم، وَنَذَرَتْ إِنْ نَجَّاهَا اللهُ سبحانه و تعالى لَتَنْحَرَنَّهَا، فَجَاءَ تْ، فَذَكَرُوْا ذلِكَ لِرَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه و سلم، فَقَالَ: سُبْحَانَ اللهِ، بِئْسَ مَا جَزَتْهَا.

“Maka dia terlepas dan menunggang unta Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam lalu bernadzar bahwa apabila Allah Subhanahu waTa`ala menyelamatkannya niscaya dia akan menyembelih unta tersebut, maka dia datang dan mereka pun menceritakannya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau bersabda, ‘Subhanallah, alangkah jelek balasan yang dia timpakan padanya’.”

Kami meriwayatkan dalam Shahih Muslim, (Kitab al-Adab, Bab al-Isti’dzan, 3/1696, no. 2154.) dari Abu Musa al-Asy’ari radiyallahu ‘anhu, dalam hadits tentang meminta izin, bahwasanya dia berkata kepada Umar radiyallahu ‘anhu…dan pada akhir hadits dikatakan,

يَا ابْنَ الْخَطَّابِ، فَلاَ تَكُونَنَّ عَذَابًا عَلَى أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه و سلم. قَالَ: سُبْحَانَ اللهِ، إِنَّمَا سَمِعْتُ شَيْئًا فَأَحْبَبْتُ أَنْ أَتَثَبَّتَ.
“Wahai Ibnu al-Khaththab, sungguh janganlah kamu menyiksa sahabat-sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam .’ Dia menjawab, ‘Subhanallah, saya hanyalah mendengar sesuatu, lalu saya ingin meneliti kebenarannya.”

Kami meriwayatkan dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, dalam hadits Abdullah bin Salam yang panjang, ketika dikatakan kepadanya,

إِنَّكَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ قَالَ:سُبْحَانَ اللهِ، مَا يَنْبَغِيْ لأَحَدٍ أَنْ يَقُوْلَ مَا لَمْ يَعْلَمْ… وَذَكَرَ اْلحَدِيْثَ

“Sesungguhnya kamu termasuk penduduk surga.” Dia menjawab,”Subhanallah, tidak selayaknya bagi seseorang untuk mengatakan sesuatu yang tidak diketahuinya,.. ” Lalu dia menyebutkan hadits.”

Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Kitab al-Anshar, Bab Manaqib Ibni as-Salam, 7/129, no. 3813; dan Muslim, Kitab ash-Shahabah, Bab Min Fadha`il Ibni as-Salam, 4/1930, no. 2484.

Sumber : Ensiklopedia Dzikir Dan Do’a, Imam Nawawi, Pustaka Sahifa Jakarta. Disadur oleh Yusuf Al-Lomboky