Prakata Penulis

Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan sekalian alam. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi dan Rasul termulia, Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam Amma ba’du:

Saya persembahkan kepada para pembaca yang budiman, seri pertama dari seri-seri taubat, yang didalamnya membicarakan tentang satu penyakit yang keji yang dapat memusnahkan kebaikan-kebaikan dan mendatangkan keburukan serta hanya membuang-buang waktu saja. Ketahuilah bahwa penyakit tadi adalah ghibah yang begitu menjamur di masyarakat yang memang didukung dengan sedikitnya kesadaran keagamaan, mudahnya sarana kehidupan dan banyaknya waktu luang, demikian pula mudahnya hubungan komunikasi via telephon juga memberi andil cukup besar dalam masalah ghibah ini.

Saya memohon kepada Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Kuasa agar tulisan ini – meski hanya kecil bentuknya – menjadi pintu kebaikan dan taubat yang bisa mengajari orang jahil, yang mengingatkan orang lupa dan ahli maksiat.

Semoga Allah menjadikan seluruh amal kita, adalah ikhlas hanya semata-mata karena mencari, mengharap wajah Allah yang Mulia.