RENUNGAN KE-28 : Puasa Sunnah

Nabi shallallahu ‘alaihui wasallam senantiasa berpuasa seperti tidak pernah berbuka, beliau juga berbuka sepertinya tidak pernah puasa, dan tidak didapatkan beliau selama hidupnya berpuasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan kecuali bulan Sya’ban, di bulan itulah beliau banyak berpuasa bahkan sebulan penuh.

Nabi shallallahu ‘alaihui wasallam berjanji kepada dirinya untuk senantiasa berpuasa pada hari Senin dan Kamis serta Ayyamul Baidh (13, 14, 15 untuk setiap bulannya). Diriwayatkan dalam hadits dha’if bahwa Nabi shallallahu ‘alaihui wasallam tidak pernah meninggalkan puasa Ayyamul Baidh di kampung halamannya atau di tempat bepergiannya. Puasa Ayyamul Baidh hukumnya sunnah dan dianjurkan, beliau shallallahu ‘alaihui wasallam sempat berwasiat kepada Abu Hurairah juga Abu Dzar dengan tiga perkara, salah satunya puasa Ayyamul Baidh.

Beliau juga pernah mengizinkan Abdullah bin Amr untuk berpuasa selang hari, hari ini puasa besoknya tidak, akan tetapi beliau shallallahu ‘alaihui wasallam melarang puasa sepanjang tahun, sebagaimana sabdanya,

مَنْ صَامَ الدَّهْرَ لَا صَامَ وَلَا أَفْطَرَ.

“Siapa yang puasa sepanjang tahun ia (hakikatnya) tidak puasa dan tidak berbuka.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

لاَ صَامَ مَنْ صَامَ الأَبَدَ.

“Tidak dikatakan puasa orang yang berpuasa selamanya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

مَنْ صَامَ الدَّهْرَ ضُيِّقَتْ عَلَيْهِ جَهَنَّمُ هَكَذَا.

“Siapa yang puasa satu tahun penuh niscaya akan disempitkan kepadanya Neraka Jahanam.” (HR. Ibnu Khuzaimah).

Di waktu yang lain Nabi shallallahu ‘alaihui wasallam pernah bersabda mengenai saum Arafah (tanggal 8 Dzulhijjah) bagi orang yang tidak haji:

صِيَامُ يَوْمَ عَرَفَةَ احْتَسَبَ عَلىَ اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهَا وَالسَّنَةَ الَّتِيْ بَعْدَهَا.

“Puasa Arafah yang dilakukan dengan mengharap (pahala) Allah niscaya akan dihapus (dosa kecil) satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya.” (HR. Muslim).

Adapun orang yang sedang menunaikan ibadah haji, puasa Arafah baginya makruh sebagaimana dalam As-Shahihain disebutkan: “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihui wasallam tidak puasa pada hari Arafah ketika menunaikan ibadah haji.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Begitu juga Nabi shallallahu ‘alaihui wasallam pernah melakukan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) dan beliau menyuruh sahabatnya untuk melakukannya, beliau bersabda,

لَئِنْ بَقَيْتُ إِلَى قَابِلٍ لَأَصُوْمَنَّ التَّاسِعَ.

“Seandainya di tahun depan aku masih hidup niscaya aku akan puasa dari tanggal 9 Muharram.” (HR. Muslim).

Dan beliau shallallahu ‘alaihui wasallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ احْتَسَبَ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهَا.

“Puasa pada hari Asyura (tanggal 10 Dzulhijjah) yang dilakukan untuk mengharap (pahala) Allah niscaya akan dihapus (dosa kecil) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim).

Maka hendaknya seorang muslim mendapatkan hasil dari puasanya sedikit atau banyak.

Berpuasalah di hari sekarang
Semoga di hari esok anda bahagia dengan ‘Iedul Fitri
Di saat orang berpuasa.
Semoga taufik dan ridha-Nya selalu menyertai kita semua. Amin.. .