Tanya :

Assalamu’alaikum wa Rahmatullaah wa Barakatuh.

afwan ana mau tanya :
1. Di dekat rumah ana ada masjid yang masih melakukan doa bersama setelah sholat, bersalaman setelah sholat dan doa qunut di waktu subuh. yang ana tanyakan bolehkah ana sholat berjamaah di masjid itu?, atau mencari masjid yang lain, karena ada masjid yang tidak melakukan itu kira-kira 2 km dari tempat tinggal ana.
2. Ana pernah membaca semua hadits, yang intinya bila kita shalat berjamaah harus mengikuti imam, yang ana tanyakan apakah kita harus mengangkat tangan waktu imam melakukan qunut di sholat subuh, sedangkan ana ngga mau berqunut, gimana hukumnya?

terima kasih atas perhatiannya dan afwan bila pertanyaannya terlalu panjang.

Wassalamualaikum wa Ramatullahi wa Barakatuh
Hormat Saya : Soyo

Jawab :

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.
1- Walaupun masjid di dekat rumah Anda demikian, Anda tetap boleh berjamaah di sana dan jama’ah Anda sah, karena hal-hal yang Anda katakan di dalam pertanyaan tidak menjadi penghalang untuk berjama’ah bersama mereka,namun jika Anda mempunyai ilmu yang memadai Anda bisa berdakwah untuk mereka kepada sunnah dengan cara yang baik. Jika Anda lebih tenang shalat di masjid yang ‘nyunnah’ walaupun masjid itu jauh dan tidak memberatkan maka silakan, karena seorang muslim tidak dilarang mencari apa yang lebih utama.

2- Anda ikut berqunut subuh bersama imam, hal ini baik, tetapi jika tidak karena Anda berpendapat qunut Shubuh secara terus menerus tidak sunnah, dan inilah pendapat yang rajih dalam masalah ini, maka tidak ada dalil sebatas ilmu saya yang mengharuskan mengangkat tangan mengamini jika imam qunut Shubuh, yang ada adalah pada qunut nazilah. Wallahu a’lam. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Wassalamualaikum wa Ramatullahi wa Barakatuh