Kematian adalah haq, setelah kematian adalah alam barzakh, alam akhirat pertama, ia dikenal pula dengan alam kubur. Apa yang ada di alam barzakh?
Ibnu Taimiyah menjelaskannya dalam al-Aqidah al-Wasithiyah, “Termasuk iman kepada Hari Akhir adalah iman kepada segala apa yang diberitakan oleh Nabi saw yang terjadi setelah kematian. Ahlus Sunnah wal Jamaah beriman kepada fitnah kubur, azab dan nikmat kubur. Adapun fitnah kubur maka manusia difitnah dalam kubur mereka, seseorang ditanya, â€کSiapa Tuhanmu? Apa agamamu? Dan siapa nabimu?’ maka, â€کAllah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. Orang mukmin menjawab, â€کTuhanku Allah, Islam agamaku dan Muhammad nabiku.’ Adapun orang yang bimbang maka dia berkata, â€کHah, hah, aku tidak tahu aku mendengar orang-orang berkata maka aku mengatakannya.’ Maka dia dipukul dengan palu besi, dia pun berteriak dengan teriakan yang didengar oleh segala sesuatu kecuali manusia, kalau manusia mendengarnya niscaya dia pingsan kemudian setelah fitnah ini adalah nikmat atau azab.â€‌

Dalil fitnah kubur

Firman Allah, “Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zhalim dan memperbuat apa yang dia kehendaki.â€‌ (Ibrahim: 27).

Ayat ini ditafsirkan oleh hadits bahwa maksudnya adalah fitnah kubur.
Imam Muslim meriwayatkan dengan sanadnya dari al-Barra’ Ibn Azib dari Nabi saw, beliau bersabda tentang ayat di atas:

أ­أµأ‹أ³أˆأ¸أ¶أٹأµ أ‡أ،أ،أ¥أµ أ‡أ،أگأ¶أ­أ؛أ¤أ³ أپأ³أ‡أ£أ³أ¤أµأ¦أ؛أ‡ أˆأ¶أ‡أ،أ‍أ³أ¦أ؛أ،أ¶ أ‡أ،أ‹أ¸أ³أ‡أˆأ¶أٹأ¶. أ‍أ³أ‡أ،أ³ : أ¤أ³أ’أ³أ،أ³أٹأ؛ أ‌أ¶أ­ أڑأ³أگأ³أ‡أˆأ¶ أ‡أ،أ‍أ³أˆأ؛أ‘أ¶ آ، أ‌أ³أ­أµأ‍أ³أ‡أ،أµ أ،أ³أ¥أµ آ، أ£أ³أ¤أ؛ أ‘أ³أˆأ¸أµأںأ³آ؟ أ‌أ³أ­أ³أ‍أµأ¦أ؛أ،أµ : أ‘أ³أˆأ¸أ¶أ­أ³ أ‡أ،أ،أ¥أµ أ¦أ³أ¤أ³أˆأ¶أ­أ¸أ¶ أ£أµأچأ³أ£أ¸أ³أڈأ± أ•أ،أ¬ أ‡أ،أ،أ¥ أڑأ،أ­أ¥ أ¦أ“أ،أ£ آ، أ‌أ³أگأ³أ،أ¶أںأ³ أ‍أ³أ¦أ؛أ،أµ أ‡أ،أ،أ¥أ¶ أڑأ³أ’أ¸أ³ أ¦أ³أŒأ³أ،أ¸أ³ : أ­أµأ‹أ³أˆأ¸أ¶أٹأµ أ‡أ،أ،أ¥أµ أ‡أ،أگأ¶أ­أ؛أ¤أ³ أپأ³أ‡أ£أ³أ¤أµأ¦أ؛أ‡ أˆأ¶أ‡أ،أ‍أ³أ¦أ؛أ،أ¶ أ‡أ،أ‹أ¸أ³أ‡أˆأ¶أٹأ¶ أ‌أ¶أ­ أ‡أ،أچأ³أ­أ³أ¦أ‰أ¶ أ‡أ،أڈأ¸أµأ¤أ؛أ­أ³أ‡ أ¦أ³أ‌أ¶أ¬ أ‡أ،أ‚أژأ¶أ‘أ³أ‰أ¶ .

“Allah menenguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh,’ ayat ini turun menjelaskan tentang azab kubur, maka ditanyakan kepadanya, â€کSiapa Rabbmu?’ Dia menjawab, â€کRabb saya adalah Allah dan nabi saya adalah Muhammad saw, maka itulah (makna) firman Allah, â€کAllah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat’.â€‌ (HR. Muslim).

Imam al-Bukhari meriwayatkan dari Asma binti Abu Bakar, Nabi saw bersabda,

أ…أ¶أ¤أ¸أ³أ¥أµ أ‍أ³أڈأ؛ أƒأµأ¦أ؛أچأ¶أ­أ³ أ…أ¶أ،أ³أ­أ¸أ³ أƒأ³أ¤أ¸أ³أںأµأ£أ؛ أٹأµأ‌أ؛أٹأ³أ¤أµأ¦أ؛أ¤أ³ أ‌أ¶أ¬ أ‍أµأˆأµأ¦أ؛أ‘أ¶أںأµأ£أ؛ أ£أ¶أ‹أ؛أ،أ³ أƒأ³أ¦أ؛ أ‍أ³أ‘أ¶أ­أ؛أˆأ°أ‡ أ£أ¶أ¤أ؛ أ‌أ¶أٹأ؛أ¤أ³أ‰أ¶ أ‡أ،أ‘أ¸أ¶أŒأ³أ‡أ، .

“Sungguh telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian difitnah dalam kubur kalian seperti atau mirip fitnah Dajjal.â€‌

Apakah fitnah kubur berlaku untuk semua manusia tanpa kecuali.
Ibnu Utsaimin di Syarh al-Wasithiyah menjawab, ada beberapa orang yang bebas dari fitnah kubur.

A. Para nabi. Mereka tidak ditanya karena dua alasan:
1. Para nabi lebih tinggi daripada para syuhada dan Nabi saw telah mengabarkan bahwa syahid dilindungi dari fitnah kubur. Sabda beliau,

أںأ³أ‌أ³أ¬ أˆأ¶أˆأ³أ‡أ‘أ¶أ‍أ³أ‰أ¶ أ‡أ،أ“أµأ­أµأ¦أ‌أ¶ أڑأ³أ،أ³أ¬ أ‘أ³أƒأ؛أ“أ¶أ¥أ¶ أ‌أ¶أٹأ؛أ¤أ³أ‰ .

“Cukuplah kilatan pedang di atas kepalanya sebagai fitnah.â€‌ (HR. an-Nasa`i).

2. Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada mayit adalah siapa nabimu? Pertanyaan ini hanya untuk pengikut Nabi, ia tidak mungkin ditujukan kepada nabi. Masa nabi ditanya siapa nabimu?

B. Para shiddiqin karena dua alasan:
1. Karena derajat shiddiqin lebih tinggi daripada derajat syuhada, maka mereka lebih layak untuk selamat dari fitnah kubur.
2. Karena Shiddiq telah diketahui shidquhu (kebenaran / kejujurannya), jadi tidak perlu diuji, ujian hanya untuk orang yang diragukan apakah dia shadiq atau kadzib?

C. Para syuhada karena kebenaran iman mereka telah terbukti dengan jihad dan mereka gugur di dalamnya. Nabi bersabda, “Cukuplah kilatan pedang di atas kepalanya sebagia fitnah.â€‌ Di samping itu jika murabith (orang yang bersiap-siaga / berjaga-jaga) di jalan Allah mati dalam keadaan tersebut dijamin aman dari fitnah kubur maka syahid lebih layak.

D. Murabith
Di Shahih Muslim Rasulullah bersabda,

أ‘أ¶أˆأ³أ‡أکأµ أ­أ³أ¦أ؛أ£أ² أ¦أ³أ،أ³أ­أ؛أ،أ³أ‰أ² أژأ³أ­أ؛أ‘أ² أ£أ¶أ¤أ؛ أ•أ¶أ­أ³أ‡أ£أ¶ أ”أ³أ¥أ؛أ‘أ² أ¦أ³أ‍أ¶أ­أ³أ‡أ£أ¶أ¥أ¶ آ، أ¦أ³أ…أ¶أ¤أ؛ أ£أ³أ‡أٹأ³ أŒأ³أ‘أ³أ¬ أڑأ³أ،أ³أ­أ؛أ¥أ¶ أڑأ³أ£أ³أ،أµأ¥أµ أ‡أ،أ¸أگأ¶أ­ أںأ³أ‡أ¤أ³ أ­أ³أڑأ؛أ£أ³أ،أµأ¥أµ آ، أ¦أ³أƒأµأŒأ؛أ‘أ¶أ­أ³ أڑأ³أ،أ³أ­أ؛أ¥أ¶ أ‘أ¶أ’أ؛أ‍أµأ¥أµ آ، أ¦أ³أƒأµأ£أ¶أ¤أ³ أ‡أ،أ‌أµأٹأ³أ‡أ¤ .

“Berjaga-jaga dua puluh empat jam lebih baik daripada puasa dan qiyam lail satu bulan, jika dia mati amal yang dulu dia lakukan tetap mengalir kepadanya, rizkinya dialirkan kepadanya dan diberi rasa aman dari fitnah kubur (Mungkar dan Nakir).â€‌

E. Anak-anak kecil dan orang-orang gila karena mereka bukan mukallaf.

(Rujukan: al-Aqidah Wasithiyah dengan Syarahnya Ibnu Utsamin, al-Aqidah ath-Thahawiyah dengan syarahnya Ibnu Abil Iz al-Hanafi, Kitab Tauhid 2 oleh Tim ahli tauhid).