Tanya:
Assalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

Ustadz saya ingin bertanya, sebelumnya saya sangat bersyukur mengenal dakwah ini namun saya ingin lebih tahu mengenai manhaj dakwah ini agar semakin yakin, pertanyaan saya adalah :

1. Istilah salafiyah sudah ada sejak kapan?
2. Siapa ulama pencetus dakwah Salafiyah?
Demikian pertanyaan saya, saya harapkan saya dapat mengenal lebih baik mengenai dakwah ini.

Wassalamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakatuh

Dari:Doni Suhardian

Jawab:

Ykh:Doni Suhardian
Wa’alaikumussalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan Salam kepada Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

1- Istilah ini lahir bersamaan dengan munculnya bid’ah-bid’ah pada tubuh umat, yaitu kira-kira pada abad kedua, abad para tabiin. Ibnu Sirin salah seorang tabiin berkata, dahulu (sebelum terjadi fitnah) mereka (tabi’in) tidak mempersoalkan sanad, tetapi manakala fitnah terjadi, mereka berkata, ‘Sebutkan nama rawi-rawi kalian.’ Lalu mereka mengambil hadits Ahlus Sunnah dan meninggalkan hadits ahli bid’ah.” (Mukadimah Shahih Muslim).

2- Pencetus dakwah ini adalah Rasulullah shallahu ‘laihi wasallam yang selanjutnya digawangi oleh para sahabat sesudah beliau, lalu para tabiin, orang-orang yang mengijuti jejak para Sahabat dengan baik, lalu para Ulama yang komitmen di atas al-Qur`an dan Sunnah sesuai dengan pemahaman generasi terbaik umat ini, seperti Imam Empat, al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi dan ulama-ulama seperti mereka dalam memahami agama yang mulia ini. Wallahu a’lam.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam.

Wassalamu’alaikum wa Rahamatullaahi wa Barakatuh