Abu Dzar –semoga Allah meridhainya- meriwayatkan dari Nabi -صلى الله عليه وسلم- yang beliau riwayatkan dari Allah –تَبَارَكَ وَتَعَالَى bahwa Dia berfirman,  

يَا عِبَادِى إِنِّى حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِى وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلاَ تَظَالَمُوْا

Wahai hamba-hamba-Ku! Sungguh, Aku telah mengharamkan kezhaliman bagi diri-Ku dan Ku-jadikan ia diharamkan bagi kalian, maka janganlah kalian saling menzhalimi satu sama lain.

يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلاَّ مَنْ هَدَيْتُهُ فَاسْتَهْدُونِى أَهْدِكُمْ

Wahai hamba-hamba-Ku! Masing-masing kalian tersesat kecuali yang Ku-beri petunjuk, maka mintalah petunjuk kepada-Ku, niscaya Aku memberi kalian petunjuk.”

 يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ جَائِعٌ إِلاَّ مَنْ أَطْعَمْتُهُ فَاسْتَطْعِمُونِى أُطْعِمْكُمْ

Wahai hamba-hamba-Ku! Masing-masing kalian lapar kecuali yang Ku-beri makan, maka mintalah makan kepada-Ku, niscaya Aku memberi kalian makan.

يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ عَارٍ إِلاَّ مَنْ كَسَوْتُهُ فَاسْتَكْسُونِى أَكْسُكُمْ

Wahai hamba-hamba-Ku! Masing-masing kalian telanjang kecuali yang Ku-beri pakaian, maka mintalah pakaian kepada-Ku, niscaya Aku memberi kalian pakaian.

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ

Wahai hamba-hamba-Ku! Sungguh, kalian senantiasa melakukan kesalahan pada malam dan siang hari sedangkan Aku mengampuni semua dosa, maka mohonlah ampunan kepada-Ku niscaya Aku memberikan ampunan kepada kalian.

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ لَنْ تَبْلُغُوا ضَرِّى فَتَضُرُّونِى وَلَنْ تَبْلُغُوا نَفْعِى فَتَنْفَعُونِى

Wahai hamba-hamba-Ku! Sungguh, kalian tidak akan dapat membahayakan-Ku juga tidak dapat memberikan manfaat kepada-Ku.

 يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذَلِكَ فِى مُلْكِى شَيْئًا

Wahai hamba-hamba-Ku! Sekiranya orang pertama hingga terakhir di antara kalian, baik dari kalangan manusia maupun jin, keadaan hati kalian semua seperti hati orang yang paling bertakwa di antara kalian, niscaya hal itu tidak menambah kerajaan-Ku sedikitpun.

يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِى شَيْئًا

Wahai hamba-hamba-Ku! Sekiranya orang pertama hingga terakhir di antara kalian, baik dari kalangan manusia maupun jin, keadaan hati kalian semua seperti hati orang yang paling durhka di antara kalian, niscaya hal itu tidak mengurangi kerajaan-Ku sedikitpun.”

يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ قَامُوا فِى صَعِيدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُونِى فَأَعْطَيْتُ كُلَّ إِنْسَانٍ مَسْأَلَتَهُ مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا عِنْدِى إِلاَّ كَمَا يَنْقُصُ الْمِخْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ الْبَحْرَ

Wahai hamba-hamba-Ku! Sekiranya orang pertama hingga terakhir di antara kalian, baik dari kalangan manusia maupun jin, berdiri di sebuah bukit, lalu memohon kepada-Ku, lalu Ku-penuhi semua permohonan mereka, niscaya hal itu tidak mengurangi apa yang ada pada-Ku kecuali seperti jarum yang dicelupkan ke laut.   

 يَا عِبَادِى إِنَّمَا هِىَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيهَا لَكُمْ ثُمَّ أُوَفِّيكُمْ إِيَّاهَا فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللَّهَ وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلاَ يَلُومَنَّ إِلاَّ نَفْسَهُ

Wahai hamba-hamba-Ku! Sungguh, perbuatan kalian akan Ku-perhitungkan, kemudian Aku memberi kalian balasannya. Barangsiapa mendapat kebaikan hendaklah memuji Allah dan barangsiapa mendapat selain itu maka jangan sekali-kali mencela selain dirinya.” (HR. Muslim 2577 dan Tirmidzi 2497).

 

Penjelasan:

  • Firman-Nya, [ يَا عِبَادِي ] “Wahai hamba-hamba-Ku!

Dalam ungkapan ini terdapat pengingatan bagi para hamba tentang hikmah yang karenanya mereka diciptakan, yaitu untuk beribadah menghambakan diri kepada Allah -سبحانه وتعالى-. Dia berfirman,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Qs. adz-Dzariyat: 56). (Syarh al-Arba’in an-Nawawiyah, al-Luhaimid, 1/67).

  • Firman-Nya, “Sungguh, Aku telah mengharamkan kezhaliman bagi diri-Ku.”

Sebagian ulama mengatakan, “Maknanya, tidak layak bagi-Ku dan tidak boleh bagi-Ku (untuk belaku zhalim) … karena itu, kezhaliman mustahil dilakukan oleh Allah -سبحانه وتعالى-….” (Syarh al-Arba’in, Ibn Daqiq al-‘Ied, 1/63).

Maka, Allah -سبحانه وتعالى- tidak menzhalimi para hamba-Nya, sebagaimana ditegaskan-Nya dalam beberapa firman-Nya, di antaranya, Dia -سبحانه وتعالى-berfirman,

وَمَا ظَلَمْنَاهُمْ

Kami tidak menzhalimi mereka.” (Qs. Huud: 101).

وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا

Rabbmu tidak menzhalimi seorang pun.” (Qs. al-Kahfi: 49).

وَمَا رَبُّكَ بِظَلَّامٍ لِلْعَبِيدِ

Rabbmu sama sekali tidak menzhalimi hamba.” (Qs. Fushshilat: 46).

إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَدُنْهُ أَجْرًا عَظِيمًا

Sungguh, Allah tidak menzhalimi seberat dzarah pun. Jika ada kebajikan sekecil dzarrah niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar.” (Qs. an-Nisa: 40).

قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيلٌ وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ لِمَنِ اتَّقَى وَلَا تُظْلَمُونَ فَتِيلًا

Katakanlah: Kesenangan dunia itu sedikit sedangkan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa, dan kalian tidak akan dizhalimi sedikit pun’.” (Qs. an-Nisa: 77).

Disamping Allah -سبحانه وتعالى- menafikan kezhaliman pada diri-Nya, Allah -سبحانه وتعالى- juga menyatakan kebersihan diri-Nya dari sifat menghendaki perbuatan zhalim, dengan firman-Nya,

وَمَا اللَّهُ يُرِيدُ ظُلْمًا لِلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Allah berkehendak untuk menzhalimi seluruh alam.  (Qs. Ali Imran: 108).

وَمَا اللَّهُ يُرِيدُ ظُلْمًا لِلْعِبَادِ

Dan Allah tidak berkehendak untuk menzalimi para hamba.” (Qs. al-Mukmin: 31).

Allah -سبحانه وتعالى- juga menepis kekhawatiran hamba terhadap kezhaliman tersebut, dengan firman-Nya,

وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَا يَخَافُ ظُلْمًا وَلَا هَضْمًا

Dan barangsiapa mengerjakan amal saleh sedang ia beriman, maka janganlah ia khawatir akan perlakuan zhalim terhadapnya dan pengurangan haknya.” (Qs. Thaha: 112).

Nash-nash yang menepis kezhaliman ini menetapkan keadilan-Nya dalam pemberian balasan dan seseorang tidak akan dikurangi pahala  amalannya atau dikurangi haknya.

 

Hukuman bagi Pendosa Tidak Berarti Allah -سبحانه وتعالى-Menzhaliminya  

Demikian juga firman-Nya tentang orang-orang yang dijatuhi hukuman-Nya berupa siksa Jahannam, semisal firman-Nya,

إِنَّ الْمُجْرِمِينَ فِي عَذَابِ جَهَنَّمَ خَالِدُونَ . لَا يُفَتَّرُ عَنْهُمْ وَهُمْ فِيهِ مُبْلِسُونَ . وَمَا ظَلَمْنَاهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا هُمُ الظَّالِمِينَ

Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam adzab Neraka Jahannam. Tidak diringankan adzab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa. Dan tidaklah Kami menzhalimi mereka tetapi merekalah yang menzhalimi diri mereka sendiri.” (Qs. az-Zukhruf: 74-76).

Yakni, orang-orang yang mengumpulkan dosa-dosa disebabkan kekufuran mereka, mereka berada di dalam siksa Jahannam, kekal di dalamnya. Adzab tidak diringankan dari mereka, mereka pun berputus asa dari rahmat Allah. Kami tidak menzhalimi para penjahat tersebut dengan menyiksa mereka, sebaliknya justru merekalah yang menzhalimi diri mereka dengan kesyirikan dan pengingkaran mereka bahwa Allah adalah Rabb yang haq semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Di samping kerena mereka menolak untuk mengikuti utusan-utusan Allah. (at-Tafsir al-Muyassar, 9/37).

Allah -سبحانه وتعالى- menjelaskan bahwa hukuman yang dijatuhkan kepada para pendosa tersebut merupakan keadilan bagi dosa mereka, bukan karena Allah -سبحانه وتعالى- menzhalimi mereka, menghukum mereka tanpa dosa.

Dalam hadits disebutkan,

لَوْ أَنَّ اللَّهَ عَذَّبَ أَهْلَ سَمَوَاتِهِ وَأَهْلَ أَرْضِهِ عَذَّبَهُمْ وَهُوَ غَيْرُ ظَالِمٍ لَهُمْ وَلَوْ رَحِمَهُمْ كَانَتْ رَحْمَتُهُ خَيْرًا لَهُمْ مِنْ أَعْمَالِهِمْ

Sekiranya Allah mengazab seluruh penghuni langit dan bumi-Nya, tentulah Dia mengazab mereka tanpa menzhalimi. Sebaliknya, sekiranya Dia mau merahmati mereka tentulah rahmat-Nya kepada mereka itu lebih baik daripada amal mereka.” (HR. Abu Dawud).

Hadits ini menjelaskan bahwa andaikata siksa itu terjadi, tentu karena mereka berhak mendapatkannya, bukan tanpa dosa. Ini menjelaskan bahwa kezhaliman yang dinafikan adalah tindakan menimpakan hukuman terhadap orang yang tak berdosa.

  • Firman-Nya,

 وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلاَ تَظَالَمُوْا

Dan Ku-jadikan ia (kezhaliman itu) diharamkan bagi kalian, maka jangan kalian saling menzhalimi satu sama lain.”

Maka, melakukan tindak kezhaliman terhadap orang lain apa pun bentuknya, haram hukumnya. Hal tersebut dilarang oleh Allah -سبحانه وتعالى-. Bahkan, menzhalimi diri sendiri, misalnya dengan tidak memberikan hak diri atau menjatuhkan diri ke dalam bahaya atau kebinasaan,  juga terlarang. Hal tersebut haram hukumnya dilakukan.

  • Firman-Nya,

 يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلاَّ مَنْ هَدَيْتُهُ فَاسْتَهْدُونِى أَهْدِكُمْ

Wahai hamba-hamba-Ku! Masing-masing kalian tersesat kecuali yang Ku-beri petunjuk, maka mintalah petunjuk kepada-Ku, niscaya Aku memberi kalian petunjuk.”

Ini merupakan dalil yang menunjukkan bahwa orang yang mendapat petunjuk adalah siapa yang diberi petunjuk oleh Allah -سبحانه وتعالى-, dan dengan petunjuk Allah -سبحانه وتعالى- itu seseorang menetapi petunjuk dan hal itu terjadi dengan kehendak Allah -سبحانه وتعالى-. Dan bahwasanya Dia -سبحانه وتعالى- menghendaki pemberian hidayah-Nya itu kepada sebagian hamba-Nya dan merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk itu, Dia -سبحانه وتعالى- tidak menghendaki hidayah itu diberikan kepada sebagian hamba-Nya yang lainnya. Andai Allah -سبحانه وتعالى- menghendakinya niscaya mereka mendapatkan petunjuk itu. (Syarh an-Nawawi ‘Ala Muslim, 8/384).

Allah -سبحانه وتعالى- berfirman,

مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُرْشِدًا

Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya. (Qs. al-Kahfi: 17).

  • Firman-Nya,

يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ جَائِعٌ إِلاَّ مَنْ أَطْعَمْتُهُ فَاسْتَطْعِمُونِى أُطْعِمْكُمْ

Wahai hamba-hamba-Ku! Masing-masing kalian lapar kecuali yang Ku-beri makan, maka mintalah makan kepada-Ku, niscaya Aku memberi kalian makan.

يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ عَارٍ إِلاَّ مَنْ كَسَوْتُهُ فَاسْتَكْسُونِى أَكْسُكُمْ

Wahai hamba-hamba-Ku! Masing-masing kalian telanjang kecuali yang Ku-beri pakaian, maka mintalah pakaian kepada-Ku, niscaya Aku memberi kalian pakaian.

Ini menunjukkan dua prinsip yang agung; Pertama, kewajiban bertawakkal kepada Allah dalam urusan rizki, mencakup hal yang mendatangkan manfaat seperti makanan dan mencegah madharat seperti pakaian. Kedua, tidak ada yang memiliki kemampuan mutlak memberi makan dan pakaian selain Allah, sedangkan kemampuan yang dimiliki sebagian orang terbatas pada melakukan beberapa sebab untuk mewujudkan hal itu. (Majmu’ur Rasail Muniriyyah, 3/205).

Dan, ini juga merupakan peringatan akan kefakiran kita dan kelemahan kita untuk meraih hal-hal yang akan memberikan manfaat kepada kita dan untuk menolak apa-apa yang membahayakan kita. Kita tak akan mampu melakukannya kecuali jika Allah membantu kita. Hal itu kembali kepada makna ungkapan: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ (Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah). Dan, hendaknya seorang hamba menyadari apabila ia melihat bekas nikmat ini pada dirinya bahwa itu berasal dari Allah -سبحانه وتعالى- dan haruslah ia bersyukur kepada-Nya, dan setiap kali hal itu bertambah maka hendaknya menambah pula pujian dan kesyukurannya kepada-Nya. (Syarh al-Arba’in, Ibn Daqiq al-‘Ied, 1/63).

  • Firman-Nya,

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ

Wahai hamba-hamba-Ku! Sungguh, kalian senantiasa melakukan kesalahan pada malam dan siang hari sedangkan Aku mengampuni semua dosa, maka mohonlah ampunan kepada-Ku niscaya Aku memberikan ampunan kepada kalian.”

Ini menunjukkan luasnya ampunan Allah -سبحانه وتعالى- dan rahmat-Nya. Maka, sepantasnya kita, sebagai hamba-Nya, yang banyak melakukan kesalahan agar banyak pula memohon ampunan dan bertaubat kepada-Nya. Hal ini dilakukan dengan dua cara;

Cara pertama, dengan lisan, yaitu dengan mengucapkan, أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ  (aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya), sebagaimana yang diteladankan Nabi -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- seperti tercermin dalam sabdanya,

وَاللَّهِ إِنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ فِي الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِيْنَ مَرَّةً

Demi Allah, sesungguhnya aku beristighfar (memohon ampun) kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. al-Bukhari).

Cara kedua, dengan anggota badan, yaitu dengan melakukan amal-amal shaleh yang akan menjadi sebab diperolehnya ampunan dari-Nya. Sebagaimana Allah -سبحانه وتعالى- berfirman,

إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ

Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (Qs. Huud: 114).

Dan, Rasulullah -صلى الله عليه وسلم- bersabda,

وَ أَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا

Dan iringilah keburukan itu dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu menghapus (dosa) keburukan itu.”(HR. al-Hakim).

  • Firman-Nya,

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ لَنْ تَبْلُغُوا ضَرِّى فَتَضُرُّونِى وَلَنْ تَبْلُغُوْا نَفْعِى فَتَنْفَعُوْنِى

Wahai hamba-hamba-Ku! Sungguh, kalian tidak akan dapat membahayakan-Ku juga tidak dapat memberikan manfaat kepada-Ku.

Dengan ini, Allah -سبحانه وتعالى- menjelaskan bahwa perbuatan baik yang dilakukan terhadap mereka seperti pengabulan doa dan pengampunan kesalahan bukan untuk meraih kemanfaatan atau menolak kerugian sebagaimana kebiasaan makhluk yang memberikan manfaat kepada orang lain agar diberi imbalan manfaat kepadanya atau untuk menolak bahaya agar bisa menjaga diri dari kejahatannya.

Jika demikian, seolah-olah dikatakan, “Aku meliputi kalian dengan hidayah (petunjuk) bagi yang memohon petunjuk, kecukupan, makanan dan pakaian, bukanlah karena Aku minta agar kalian memberi manfaat kepada-Ku. Demikian pula jika Aku mengampuni kesalahan kalian di waktu malam dan siang bukan untuk menjaga diri agar kalian tidak membahayakan-Ku, karena kalian tidak akan mencapai kemanfaatan kepada-Ku sehingga kalian memberi manfaat kepada-Ku dan kalian tidak akan mencapai kerugian-Ku sehingga kalian merugikan-Ku.”

Diambil faedah dari firman-Nya ini, “Sempurnanya kekuasaan Allah -سبحانه وتعالى- dan ketidakbutuhan-Nya kepada makhluk-Nya.”

  • Firman-Nya,

يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذَلِكَ فِى مُلْكِى شَيْئًا

Wahai hamba-hamba-Ku! Sekiranya orang pertama hingga terakhir di antara kalian, baik dari kalangan manusia maupun jin, keadaan hati kalian semua seperti hati orang yang paling bertakwa di antara kalian, niscaya hal itu tidak menambah kerajaan-Ku sedikitpun.

يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِى شَيْئًا

Wahai hamba-hamba-Ku! Sekiranya orang pertama hingga terakhir di antara kalian, baik dari kalangan manusia maupun jin, keadaan hati kalian semua seperti hati orang yang paling durhka di antara kalian, niscaya hal itu tidak mengurangi kerajaan-Ku sedikitpun.

Hal ini karena, kerajaan Allah -سبحانه وتعالى- adalah kekuasaan-Nya untuk mengatur. Maka kerajaan-Nya tidak bertambah karena ketaatan mereka dan tidak berkurang karena kemaksiatan mereka.

  • Firman-Nya,

يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ قَامُوا فِى صَعِيدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُونِى فَأَعْطَيْتُ كُلَّ إِنْسَانٍ مَسْأَلَتَهُ مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا عِنْدِى إِلاَّ كَمَا يَنْقُصُ الْمِخْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ الْبَحْرَ

Wahai hamba-hamba-Ku !, sekiranya orang pertama hingga terakhir di antara kalian, baik dari kalangan manusia maupun jin, berdiri di sebuah bukit, lalu memohon kepada-Ku, lalu Ku-penuhi semua permohonan mereka, niscaya hal itu tidak mengurangi apa yang ada pada-Ku kecuali seperti jarum yang dicelupkan ke laut.

Maka ini menunjukkan kepada luasnya kekayaan Allah -سبحانه وتعالى- dan luasnya kemurahan dan kedermawanan-Nya.

Dalam hadits disebutkan,

يَدُ اللَّهِ مَلْأَى لَا تَغِيضُهَا نَفَقَةٌ سَحَّاءُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَقَالَ أَرَأَيْتُمْ مَا أَنْفَقَ مُنْذُ خَلَقَ السَّمَاءَ وَالْأَرْضَ فَإِنَّهُ لَمْ يَغِضْ مَا فِي يَدِهِ

Tangan Allah selalu penuh, tidak kurang karena memberi nafkah, dan selalu dermawan baik malam maupun siang…tidakah kamu lihat apa yang Dia berikan semenjak Dia menciptakan langit dan bumi, sesungguhnya hal itu tidaklah mengurangi apa yang ada di tangan-Nya. (HR. al-Bukhari).

  • Kemudian Allah -سبحانه وتعالى- menutup firman-Nya dengan menegaskan kembali apa yang telah dijelaskan-Nya, yaitu tentang keadilan dan kebaikan-Nya :

يَا عِبَادِى إِنَّمَا هِىَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيهَا لَكُمْ ثُمَّ أُوَفِّيكُمْ إِيَّاهَا فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللَّهَ وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلاَ يَلُومَنَّ إِلاَّ نَفْسَهُ

Wahai hamba-hamba-Ku! Sungguh, perbuatan kalian akan Ku-perhitungkan, kemudian Aku memberi balasannya kepada kalian. Barangsiapa mendapat kebaikan hendaklah memuji Allah dan barangsiapa mendapat selain itu maka jangan sekali-kali mencela selain dirinya.

Allah –سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa Dia telah berbuat baik kepada hamba-Nya dengan memberikan balasan amal shaleh mereka dengan kebaikan, yang karenanya Dia berhak mendapat pujian. Sebab Dialah yang memberikan kenikmatan berupa perintah, bimbingan, dan pertolongan untuk berbuat baik, kemudian menghitungnya, lalu memenuhi balasannya. Semua itu merupakan anugerah dan kebaikan dari-Nya, karena setiap kenikmatan dari-Nya adalah anugerah sedangkan setiap bencana dari-Nya adalah keadilan. (Majmu’ur Rasail Muniriyyah, 1/226).

Maka, dari firman-Nya,  فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللَّهَ Barangsiapa mendapat kebaikan hendaklah memuji Allah, diambil faedah akan wajibnya memberikan pujian kepada Allah –سبحانه وتعالى atas orang yang mendapat kebaikan. Hal itu karena dua hal; Pertama, bahwa Allah –سبحانه وتعالى telah memudahkannya sehingga ia dapat melakukannya. Kedua, bahwa Allah –سبحانه وتعالى – memberikan balasan kebaikan kepadanya.

Firman-Nya, وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ  Dan barangsiapa mendapat selain itu, yakni, keburukan atau hukuman. فَلاَ يَلُومَنَّ إِلاَّ نَفْسَهُ Maka, jangan sekali-kali mencela selain dirinya, karena hakekatnya ia tidaklah dizhalimi (oleh Allah –سبحانه وتعالى). (Syarh al-Arba’in an-Nawawiyah, Ibnu Utsaimin, 1/166). Wallahu A’lam.

(Redaksi)

 

Referensi :

  1. Al-Mustadrak ‘Ala ash-Shahihain, Muhammad bin Abdillah al-Hakim an-Naisaburi.
  2. At-Tafsir al-Muyassar, Kumpulan pakar tafsir di bawah bimbingan Syaikh Shaleh bin Abdul Aziz Alusy Syaikh.
  3. Majmu’ur Rasail Muniriyyah, Ibnu Taimiyah.
  4. Shahih Muslim, Muslim bin al-Hajjaj an-Naisaburi.
  5. Shahihul Bukhariy, Muhammad bin Ismail al-Bukhari.
  6. Sunan Abu Dawud, Sulaiman bin al-Asy’ats as-Sijistani.
  7. Sunan at-Tirmidzi, Muhammad bin Isa at-Tirmidzi.
  8. Syarh al-Arba’in an-Nawawiyah, Sulaiman bin Muhammad al-Luhaimid.
  9. Syarh al-Arba’in, Ibnu Daqiq al-‘Ied.
  10. Syarh al-Arba’in an-Nawawiyah, Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin.
  11. Syarh an-Nawawi ‘Ala Muslim, Yahya bin Syaraf bin Mary an-Nawawi.