Adab-adab Membaca al-Qur’an:

(1) Bertujuan ikhlas ketika mempelajari maupun ketika membaca al-Qur’an; berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya beliau berkata, Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ أَوَّلَ النَّاسِ يُقْضَى يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَيْهِ رَجُلٌ اسْتُشْهِدَ، فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ، فَعَرَفَهَا. قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيْهَا؟ قَالَ: قَاتَلْتُ فِيْكَ حَتَّى اسْتُشْهِدْتُ. قَالَ: كَذَبْتَ وَلَكِنَّكَ قَاتَلْتَ لِأَنْ يُقَالَ جَرِيْءٌ، فَقَدْ قِيْلَ، ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِي النَّارِ. وَرَجُلٌ تَعَلَّمَ الْعِلْمَ وَعَلَّمَهُ وَقَرَأَ الْقُرْآنَ، فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا. قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيْهَا؟ قَالَ: تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ وَعَلَّمْتُهُ وَقَرَأْتُ فِيْكَ الْقُرْآنَ. قَالَ: كَذَبْتَ وَلَكِنَّكَ تَعَلَّمْتَ الْعِلْمَ لِيُقَالَ عَالِمٌ وَقَرَأْتَ الْقُرْآنَ لِيُقَالَ هُوَ قَارِئٌ، فَقَدْ قِيْلَ، ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِي النَّارِ

Sesungguhnya orang-orang pertama yang diputuskan perkaranya pada Hari Kiamat adalah: (pertama), seorang laki-laki yang mati syahid. Lalu dia dihadapkan, kemudian Allah menunjukkan kepadanya nikmat-nikmatNya, maka dia pun mengenalinya. Allah berfirman, Maka apa yang telah engkau lakukan pada nikmat-nikmat itu? Laki-laki itu menjawab, Aku telah berperang karenaMu hingga aku mati syahid. Allah berfirman, Engkau telah berdusta, akan tetapi engkau berperang agar dikatakan seorang pemberani. Maka sungguh itu telah dikatakan. Kemudian diperintahkanlah (malaikat untuk mengazabnya), maka dia diseret di atas wajahnya hingga dilemparkan ke dalam neraka. (Kedua), seorang laki-laki yang belajar ilmu dan mengajarkannya, serta (gemar) membaca al-Quran. Lalu dia dihadapkan, kemudian Allah menunjukkan kepadanya nikmat-nikmatNya, maka dia pun mengenalinya. Allah berfirman, Maka apa yang telah engkau lakukan pada nikmat-nikmat itu? Laki-laki itu menjawab, Aku telah belajar ilmu dan mengajarkannya, dan aku (gemar) membaca al-Quran karenaMu. Allah berfirman, Engkau telah berdusta, akan tetapi engkau belajar ilmu agar dikatakan sebagai seorang yang alim (berilmu) dan engkau  membaca al-Quran agar dikatakan dia seorang yang ahli baca al-Quran. Maka sungguh itu telah dikatakan. Kemudian diperintahkanlah (malaikat untuk mengazabnya), maka dia diseret di atas wajahnya hingga dilemparkan ke dalam neraka….[1]

(2) Mengamalkan al-Qur’an. Terdapat riwayat dalam hadits tentang mimpi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang panjang (dengan kawalan dua orang malaikat), yang di dalamnya disebutkan sabda beliau,

قَالَا: اِنْطَلِقْ، فَانْطَلَقْنَا حَتَّى أَتَيْنَا عَلَى رَجُلٍ مُضْطَجِعٍ عَلَى قَفَاهُ، وَرَجُلٌ قَائِمٌ عَلَى رَأْسِهِ بِفِهْرٍ أَوْ صَخْرَةٍ، فَيَشْدَخُ بِهِ رَأْسَهُ، فَإِذَا ضَرَبَهُ تَدَهْدَهَ الْحَجَرُ، فَانْطَلَقَ إِلَيْهِ لِيَأْخُذَهُ، فَلَا يَرْجِعُ إِلَى هَذَا حَتَّى يَلْتَئِمَ رَأْسُهُ، وَعَادَ رَأْسُهُ كَمَا هُوَ، فَعَادَ إِلَيْهِ فَضَرَبَهُ، قُلْتُ: مَنْ هَذَا؟ قَالَا: اِنْطَلِقْ…(ثُمَّ فُسِّرَ لَهُ ذَلِكَ) فَقَالَ:  وَالَّذِيْ رَأَيْتَهُ يُشْدَخُ رَأْسُهُ فَرَجُلٌ عَلَّمَهُ اللّٰهُ الْقُرْآنَ، فَنَامَ عَنْهُ بِاللَّيْلِ، وَلَمْ يَعْمَلْ فِيْهِ بِالنَّهَارِ، يُفْعَلُ بِهِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“… keduanya berkata, ‘Bertolaklah pergi.’ Lalu kami pun pergi berlalu hingga kami mendatangi seorang laki-laki yang berbaring di atas tengkuknya, dan seorang laki-laki lainnya berdiri di samping kepalanya dengan (memegang) palu godam atau sebongkah batu, lalu dia memecahkan kepalanya dengannya. Apabila telah menghantamnya, maka batu itu pun menggelinding, lalu lelaki (yang berdiri) itu bergerak kepada batu itu untuk mengambilnya, dan belumlah dia kembali kepada laki-laki (yang terbaring) ini hingga kepalanya telah pulih kembali dan kepalanya telah kembali seperti semula, maka dia pun kembali kepadanya lalu menghantamnya lagi. Maka aku bertanya, ‘Siapa orang ini?’ Kedua malaikat itu berkata, ‘Bertolaklah pergi’…

(Kemudian ditafsirkanlah hal itu untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam), di mana beliau menceritakan, “(Malaikat itu berkata), ‘Adapun orang yang engkau lihat dipecahkan kepalanya maka dia itu adalah seorang laki-laki yang Allah mengajarkan al-Qur’an kepadanya, tetapi dia tidur di malam hari (tidak menggunakannya untuk shalat malam) dan tidak mengamalkannya di siang hari. Siksa seperti itu akan diterapkan padanya hingga Hari Kiamat’.” [2]

(3) Anjuran terus mengingat-ingat al-Qur’an dan memeliharanya (yaitu menjadikan mengulang-ulang hafalan sebagai kebiasaan); berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,

تَعَاهَدُوا الْقُرْآنَ، فَوَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ، لَهُوَ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنَ الْإِبِلِ فِيْ عُقُلِهَا

“Peliharalah al-Qur’an (dengan mengulang-ulang hafalannya),  demi Dzat yang jiwaku berada di TanganNya, sungguh (hafalan) al-Qur’an itu lebih (gampang) lepas daripada unta di ikatan tambatnya.” [3]

(4) Jangan biasakan mengatakan, “Aku lupa”, tetapi katakanlah, “Aku dibuat lupa ayat itu”, atau “Hafalan ayat-ayatku dibuat gugur”, atau “Aku dibuat lupa”. Ini berdasarkan hadits Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

بِئْسَ مَا لِأَحَدِهِمْ يَقُوْلُ: نَسِيْتُ آيَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ، بَلْ هُوَ نُسِّيَ

“Alangkah buruk perbuatan salah seorang di antara mereka, dia mengatakan, ‘Aku lupa ayat ini dan itu’, akan tetapi (yang benar) adalah dia dibuat lupa.” [4]

(5) Wajib merenungi (makna-makna) ayat al-Qur’an; berdasarkan Firman Allah Ta’ala,

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-Qur’an? Kalau sekiranya al-Qur’an itu berasal dari selain Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (An-Nisa’: 82).

(6) Boleh membaca al-Qur’an dengan berdiri, berjalan, berbaring, atau berkendara; berdasarkan hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya beliau berkata,

إِنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ يَتَّكِئُ فِيْ حَجْرِيْ وَأَنَا حَائِضٌ، ثُمَّ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ

“Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berbaring di pangkuanku ketika aku sedang haidh, kemudian beliau membaca al-Qur’an.” [5]

(7) Boleh membawa mushaf al-Qur’an di saku. [6]

(8) Disunnahkan membersihkan mulut dengan bersiwak sebelum (memulai) membaca al-Qur’an; berdasarkan apa yang diriwayatkan sahabat Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

كَانَ النَّبِيُّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ –  إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَشُوْصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ

“Dahulu apabila Nabi shallallahu alaihi wasallam bangun di malam hari, maka beliau menggosok mulut beliau dengan siwak.” [7]

(9) Di antara sunnah ketika membaca al-Qur’an adalah membaca isti’adzah (ta’awwudz) dan basmalah, kecuali Surat at-Taubah, maka cukup beristi’adzah kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. [8]

(10) Ucapan “صَدَقَ اللّٰهُ الْعَظِيْمُ” setelah selesai dari membaca al-Qur’an dan membacanya secara terus menerus adalah tidak matsur (baca: tidak sunnah). [9]

(11) Imam an-Nawawi rahimahullah berkata, “Disunnahkan bagi orang yang membaca al-Qur’an, apabila dia mulai dari tengah surat, hendaklah dia memulai dari awal kalam, di mana antara satu dengan lainnya saling berkaitan.” [10]

(12) Sunnah membaca al-Qur’an secara tartil (perlahan-lahan), dan makruh membacanya terlalu cepat; berdasarkan Firman Allah Ta’ala,

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا

“Dan bacalah al-Quran itu dengan tartil (perlahan-lahan).” (Al-Muzzammil: 4).

(13) Disunnahkan memanjangkan bacaan-bacaan mad. Anas radhiyallahu ‘anhu pernah ditanya,

كَيْفَ كَانَتْ قِرَاءَةُ النَّبِيِّ  – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -؟ فَقَالَ: كَانَتْ مَدًّا، ثُمَّ قَرَأَ: بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، يَمُدُّ بِبِسْمِ اللّٰهِ وَيَمُدُّ بِالرَّحْمٰنِ وَيَمُدُّ بِالرَّحِيْمِ

“Bagaimana cara baca Nabi shallallahu alaihi wasallam?” Maka dia menjawab, Beliau membaca dengan memanjangkan, kemudian beliau membaca, Bismillahirrahmanirrahim. Beliau memanjangkan Bismillaah, memanjangkan ar-Rahmaan, dan memanjangkan ar-Rahiim. [11]

(14) Disunnahkan membaguskan suara dalam membaca al-Qur’an, dan dilarang membaca dengan dialek yang mendayu-dayu. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda,

زَيِّنُوْا أَصْوَاتَكُمْ بِالْقُرْآنِ

“Hiasilah (perindahlah) suara kalian dalam membaca al-Quran.” [12]

(15) Menangis saat membaca dan menyimak bacaan al-Qur’an, dan terdapat Sunnah yang tsabit mengenai ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abdullah bin asy-Syikhkhir radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya beliau berkata,

أَتَيْتُ النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – وَهُوَ يُصَلِّي وَلِجَوْفِهِ أَزِيْزٌ كَأَزِيْزِ الْمِرْجَلِ – يَعْنِي: يَبْكِي

“Aku datang kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam ketika beliau sedang shalat, dan di dada beliau (terdengar) gejolak seperti (suara) gejolak air (yang mendidih) di panci –yakni: karena menangis–.” [13]

(16) Disunnahkan men-jahr-kan (mengeraskan) suara dalam membaca al-Qur’an apabila tidak menimbulkan kerusakan (hal-hal negatif). Ini berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,

اِعْتَكَفَ رَسُوْلُ اللّٰهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فِي الْمَسْجِدِ فَسَمِعَهُمْ يَجْهَرُوْنَ بِالْقِرَاءَةِ، فَكَشَفَ السِّتْرَ وَقَالَ: أَلَا [إِنَّ] كُلَّكُمْ مُنَاجٍ رَبَّهُ، فَلَا يُؤْذِيَنَّ بَعْضُكُمْ بَعْضًا، وَلَا يَرْفَعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ فِي الْقِرَاءَةِ -أَوْ قَالَ: فِي الصَّلَاةِ –

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam beri’tikaf di masjid, lalu beliau mendengar mereka (sejumlah sahabat) men-jahr-kan (mengeraskan) bacaan, maka beliau menyingkap tirai (rumah beliau), dan beliau bersabda, ‘Ketahuilah [sesungguhnya] setiap kalian bermunajat kepada Tuhannya, maka janganlah sebagian kalian menyakiti sebagian yang lain, dan janganlah sebagian kalian mengeraskan suaranya atas sebagian yang lain dalam membaca al-Qur’an –atau: dalam shalat–‘.” [14]

(17) Tidak ada doa tertentu untuk mengkhatamkan al-Qur’an, dan mengadakan perayaan dalam rangka menghafal al-Qur’an itu bukanlah suatu yang sunnah. Adapun apa yang dilakukan oleh banyak orang dengan asumsi bahwa itu adat kebiasaan (bukan menyatakannya sebagai syariat, ed.) sebagai ungkapan rasa gembira dengan adanya nikmat berhasil menghafal al-Qur’an, maka tidaklah apa-apa. [15]

(18) Berhenti membaca al-Qur’an apabila telah didera oleh kantuk berat; berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam,

إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنَ اللَّيْلِ فَاسْتَعْجَمَ الْقُرْآنُ عَلَى لِسَانِهِ فَلَمْ يَدْرِ مَا يَقُوْلُ فَلْيَضْطَجِعْ

“Apabila salah seorang dari kalian shalat di malam hari, lalu bacaan al-Qur’an(nya) menjadi tidak jelas di lidahnya, lalu dia tidak mengetahui (lagi) apa yang dibacanya, maka hendaklah dia berbaring (istirahat).” [16]

(19) Memilih tempat yang tenang dan waktu yang sesuai; karena itu lebih mengundang bersatunya keinginan kuatnya dan kejernihan hatinya.

(20) Menyimak dengan baik dan diam khusyu’ ketika mendengar bacaan al-Qur’an, berdasarkan Firman Allah Ta’ala,

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan apabila al-Qur’an dibacakan, maka dengarkanlah (baik-baik) kepadanya, dan diamlah agar kalian mendapat rahmat.” (Al-A’raf: 204).

(21) Berinteraksi bersama ayat-ayat al-Qur’an, dengan memohon surga kepada Allah ketika membaca ayat tentangnya, dan memohon perlindungan dari neraka ketika membaca ayat yang menyebutkannya. Allah Ta’ala berfirman,

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya, dan supaya orang-orang yang mempunyai pikiran mendapat pelajaran.” (Shad: 29).

(22) Perempuan yang sedang haid dan nifas boleh membaca al-Qur’an tanpa menyentuh mushaf al-Qur’an, atau menyentuhnya dengan tabir pelapis berdasarkan pendapat yang lebih shahih dari dua pendapat ulama; karena tidak ada riwayat yang tsabit dari Nabi shallallahu alaihi wasallam yang mencegah hal tersebut. [17]

(23) Termasuk Sunnah adalah membaca tasbih (subhanallah) ketika melewati ayat yang mengandung tasbih (penyucian Nama Allah), dan memohon perlindungan (ta’awwudz) dari azab ketika melewati ayat tentang azab, serta memohon karunia kepada Allah ketika melewati ayat rahmat. Dalam hadits Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,

إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيْهَا تَسْبِيْحٌ سَبَّحَ وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ

“Apabila beliau (Nabi shallallahu alaihi wasallam) melewati ayat yang di dalamnya ada tasbih, maka beliau bertasbih, dan apabila melewati ayat permohonan maka beliau memohon, dan apabila beliau melewati ayat permohonan perlindungan (ta’awwudz), maka beliau memohon perlindungan (kepada Allah).” [18]

(24) Hendaklah orang yang membaca al-Qur’an dalam keadaan memiliki wudhu (suci dari hadats kecil), bersih pakaian, badan, dan tempatnya. Dan terjadi perbedaan pendapat (di antara para ulama) tentang anak kecil, apakah harus berwudhu atau tidak untuk (boleh) memegang mushaf al-Qur’an. Dan pendapat yang lebih berhati-hati bahwa dia harus berwudhu. [19]

(25) Disunnahkan menyambung bacaan al-Qur’an dan tidak memotong-motongnya (secara acak). Seorang tabi’in yang agung, Nafi’ meriwayatkan, “Bahwa Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, apabila membaca al-Qur’an, maka beliau tidak akan berbicara hingga beliau selesai darinya….” [20]

(26) Termasuk Sunnah adalah bersujud ketika melewati bacaan ayat sajdah. [21]

(27) Dimakruhkan mencium mushaf al-Qur’an dan menempelkannya di antara kedua mata (kening), yang umumnya biasa dilakukan setelah usai membaca al-Qur’an, atau ketika mendapatkan mushaf al-Qur’an pada tempat yang sudah usang (kurang terhormat). [22]

(28) Dimakruhkan pula menggantungkan ayat-ayat al-Qur’an di dinding dan semacamnya[23], dan tidaklah sepatutnya menjadikan al-Qur’an sebagai pengganti perkataan[24], paling minimal keadaannya adalah makruh. [25]

 

Keterangan:

[1]   Diriwayatkan oleh Muslim, no. 1905.

[2]   Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 1386.

[3]   Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 5033.

[4]   Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 5039; dan Muslim, no. 790.

[5]   Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 297; dan Muslim, no. 301.

[6]   Ini berdasarkan fatwa al-Lajnah ad-Da’imah, no. 2245, 4/40.

[7]   Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 1136; dan Muslim, no. 255.

[8]   Isti’adzah itu memiliki beberapa susunan redaksi yang shahih, yaitu:

Pertama:

أَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

“Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

 

Kedua:

أَعُوْذُ بِاللّٰهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْخِهِ وَنَفْثِهِ

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari setan yang terkutuk; dari bisikan, keangkuhan, dan sihirnya.”

Ketiga:

أَعُوْذُ بِالسَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

“Aku berlindung kepada Dzat Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari setan yang terkutuk.”

Susunan redaksi ini disebutkan oleh Abu Dawud, no. 785.

Dan disunnahkan bagi orang yang membaca al-Qur’an agar sesekali mengamalkan yang ini dan sesekali yang itu. [Asy-Syarh al-Mumti’ Ala Zad al-Mustaqni’, 3/71].

Sedangkan basmalah, maka sungguh Anas telah meriwayatkan bahwasanya dia berkata,

بَيْنَا رَسُوْلُ اللّٰهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ –  ذَاتَ يَوْمٍ بَيْنَ أَظْهُرِنَا، إِذْ أَغْفَى إِغْفَاءَةً، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ مُتَبَسِّمًا، فَقُلْنَا: مَا أَضْحَكَكَ يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ؟ قَالَ: أُنْزِلَتْ عَلَيَّ آنِفًا سُوْرَةٌ، فَقَرَأَ: بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

“Tatkala Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pada suatu hari berada di tengah-tengah kami, tiba-tiba beliau mengantuk sebentar, kemudian beliau mengangkat kepala beliau sambil tersenyum, maka kami bertanya, ‘Apa yang membuat Anda tertawa wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Tadi satu surat diturunkan kepadaku,’ lalu beliau membaca, ‘Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu al-Kautsar…’.” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 400).

[9]   Al-Lajnah ad-Da’imah telah mengeluarkan fatwa no. 4310, yang menjelaskan bahwa ucapan seseorang, “Shadaqallahul Azhim” adalah kalimat yang benar pada segi maknanya, akan tetapi mengucapkannya secara terus-menerus setiap kali usai membaca al-Qur`an adalah bid’ah; karena ia tidak didapatkan dari Nabi shallallahu alaihi wasallam dan tidak pula dari para Khulafa’ Rasyidin radhiyallahu ‘anhum, sejauh yang kami ketahui, padahal mereka adalah orang-orang yang banyak membaca al-Qur’an, dan yang tsabit dari beliau shallallahu alaihi wasallam adalah bahwa beliau bersabda,

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal yang tidak didasari oleh agama kami, maka amalnya itu tertolak.”

Dan dalam satu riwayat berbunyi,

مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هٰذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ.

“Barangsiapa yang membuat-buat dalam agama kami ini ajaran yang bukan bagian darinya, maka ajaran tersebut tertolak.”

[10]            Al-Adzkar an-Nawawi, Yahya bin Syaraf an-Nawawi, Beirut: Dar al-Fikr, 1414 H. hal. 163.

[11]            Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 5045.

[12]            Diriwayatkan oleh Abu Dawud, no. 1468 dari hadits al-Bara’ bin Azib radhiyallahu ‘anhu, dan al-Albani berkata, “Shahih.”

[13]            Syarh as-Sunnah, karya al-Baghawi, Beirut: al-Maktab al-Islami, t.th. no. 729. (Penerjemah menambahkan: Hadits ini diriwayatkan pula oleh an-Nasa’i no. 1214; Abu Dawud, no. 904; dan Ahmad, no. 15877 (Ihya’ at-Turats), dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud dan Shahih at-Targhib, no. 544 dan 3329, dan dalam takhrij al-Musnad, Syaikh Syuaib al-Arnauth berkata, “Isnadnya shahih berdasarkan syarat Muslim.”).

[14]            Diriwayatkan oleh Abu Dawud, no. 1332, dan al-Albani berkata, “Shahih.”

[15]            Ini disebutkan oleh Syaikh Abdurrahman al-Barrak.

[16]            (Karena penulis tidak mentakhrijnya, penerjemah menambahkan: Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim, no. 787: dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu).

[17]            Fatawa al-Lajnah ad-Da`imah, no. 3713.

[18]            Diriwayatkan oleh Muslim, no. 727.

[19]            Ini dikatakan oleh Ibnu Utsaimin rahimahullah (al-Fatawa al-Islamiyah).

[20]            Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 4526.

[21]            Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 1077.

[22]            Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah pernah ditanya tentang berdiri untuk (meng-hormati) mushaf al-Qur’an dan menciumnya, dan apakah dimakruhkan dibangkitkan rasa optimisme pada al-Quran? Maka beliau menjawab, “Alhamdulillah. Berdiri untuk (menghormati) mushaf al-Quran dan menciumnya, kami tidak mengetahui di dalamnya ada atsar dari as-Salaf. Imam Ahmad pernah ditanya tentang mencium mushaf, maka beliau menjawab, ‘Saya tidak pernah mendengar mengenai itu, akan tetapi diriwayatkan dari Ikrimah bin Abu Jahl bahwasanya beliau membuka mushaf dan meletakkan wajah beliau padanya dan berkata, ‘(Ini adalah) Firman Rabbku, (ini adalah) Firman Rabb-ku’. Akan tetapi tidaklah menjadi kebiasaan as-Salaf bahwa mereka berdiri untuk menghormati al-Qur’an’.” (Majmu’ al-Fatawa).

Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata, “Jika seseorang mencium al-Quran sebagai pengagungan ketika terjatuh dari tangannya misalnya, atau dari tempat yang tinggi, maka itu tidak apa-apa.”

[23]            Fatawa al-Lajnah ad-Da’imah, no. 2078.

[24]            Alasannya karena hal tersebut berarti menggunakan ayat al-Qur’an pada sesuatu yang bukan tempatnya. Lihat Fatawa asy-Syabakah al-Islamiyyah, 2/368.

[25]            Ini dikatakan oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah. (Al-Fatawa al-Islamiyah).

 

Referensi:

Panduan Lengkap dan Praktis Adab & Akhlak Islami Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah, Majid Sa’ud al-Ausyan, Darul Haq, Cetakan  VI, Dzulhijjah 1440 H. (08. 2019 M.)